Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PUNCAK PERTUMBUHAN TINGGI BADAN MANUSIA

 Rifanfajrin.com - manusia mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan. 

pertumbuhan anak

Pada artikel rifanfajrin.com sebelumnya, telah diulas perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Pada dasarnya manusia memang senantiasa mengalami perubahan baik fisik maupun perubahan yang lain lainnya. Perubahan fisik misalnya berupa perubahan tinggi badan, perubahan berat badan, perkembangan kemampuan berjalan dll. 

Pertumbuhan

Pertumbuhan dapat dijelaskan sebagai bertambahnya ukuran berat badan dan tinggi badan pada seseorang. Pertumbuhan manusia terjadi sejak dirinya berada dalam kandungan ibu, hingga ia beranjak remaja dan dewasa. Pertumbuhan manusia akan terhenti pada saat ia dewasa. Pertumbuhan manusia amat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah faktor makanan, kebiasaan berolahraga serta faktor genetik  dari orangtua. Makanan yang kita asup diupayakan adalah makanan yang baik untuk pertumbuhan kita. Kriteria makanan baik itu adalah makanan yang bersih, sehat, dan bergizi.

Perkembangan 

Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan kecakapan, kematangan fisik, emosi dan pikiran manusia menuju fase dewasa. Jika pertumbuhan manusia akan berhenti pada saat dewasa, namun perkembangan emosi dan pikiran manusia akan senantiasa terus mengalami perkermbangan. 

setelah memahami tentang perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, rifanfajrin.com akan mengulas tentang pertumbuhan manusia, khususnya tinggi badan.

Tinggi badan

 tinggi badan diartikan sebagai jarak maksimum dari vertex ke telapak kaki. tinggi badan biasanya digunakan untuk mengukur kualitas asupan gizi yang dikonsumsi oleh manusia. khususnya pada fase pertumbuhnan. 

Pertumbuhan tinggi badan tidak selamanya terjadi seumur hidup. Tinggi badan akan mengalami penambahan dengan cepat, lalu kemudian  terhenti. bahkan tinggi badan bisa menurun saat usia Anda sudah bertambah tua karena mengalami perubahan struktur tulang (misalnya bungkuk).

Puncak pertumbuhan tinggi badan manusia


ada perbedaan fase pertumbuhan antara anak laki laki dengan anak perempuan. pertambahan tinggi badan akan bertambah 10 inci dari tinggi badan pada saat lahir hingga usia satu tahun. Setelah itu, tinggi badan manusia meningkat secara stabil hingga masa remaja. Pertumbuhan tinggi badan pada anak perempuan mulai berhenti setelah 2-3 tahun setelah menstruasi (haid). Sedangkan pertumbuhan tinggi badan pria paling cepat pada usia awal usia dua puluh tahunan.

dalam referensi yang lain, disebutkan puncak pertumbuhan tinggi badan manusia terjadi dua tahun setelah pubertas dimulai pada wanita. wanita akan mencapai puncak pertumbuhan tinggi badannya pada fase itu. 
sedangkan pertumbuhan tinggi badan berhenti kira-kira pada usia 14-16 tahun (tergantung dari kapan pubertas dimulai). 

Sementara itu pada pria ia memasuki masa pubertas pada usia 10-13 tahun, pada fase itulah ia mengalami puncak pertumbuhan tinggi badan. ada yang menyebut setelah ia dikhitan, maka pertumbuhan tinggi badannya akan meningkat. padahal, khitan hanya penanda pubertas saja.

pertumbuhan seseorang dapat terjadi dalam satu malam. sebab, sebagian besar hormon pertumbuhan dilepaskan saat tidur. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidur malam yang berkualitas dapat membantu seorang anak mencapai pertumbuhan maksimum / optimal. 

Kapan manusia berhenti mengalami pertumbuhan tinggi badan


Kebanyakan kasus, manusia akan terhenti pertumbuhannya pada saat dirinya berusia 18 tahun, namun ada beberapa yang masih tetap dapat bertambah tinggi hingga umur 25 tahun. Kunci utama meningkatkan tinggi badan yang maksimal sebenarnya mudah, yaitu makan makanan yang bergizi, tidur yang berkualitas, dan olahraga teratur.

Setelah memasuki usia dua puluh  tahunan, manusia mulai terhenti pertumbuhannya. Namun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya terjadi. Pada usia 20 tahun ke atas, pertumbuhan tinggi badan manusia  masih bisa terjadi selama lempeng pertumbuhan pada tulang panjang masih terbuka.

Akhir kata

Pertumbuhan manusia akan cenderung terhenti ketika ia dewasa, pada saat berusia empat puluh tahunan, manusia bahkan bisa saja mengalami penurunan tinggi badannya hampir satu centimeter setiap 10 tahun. Pada wanita bahkan bisa lebih cepat, karena tulang wanita cenderung keropos setelah mengalami menopouse. Pada akhirnya rifanfajrin.com menyarankan untuk menjaga asupan makanan yang bergizi yang bermanfaat bagi tulang, sehingga diperoleh tulang yang kuat dan tidak mudah keropos.