Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MATERI PECAHAN KELAS 3 SD DAN CONTOH SOAL

MATERI PECAHAN KELAS 3 SD DAN CONTOH SOAL

Materi Pecahan kelas 3 SD


Pendahuluan

Assalamualaikum wr wb. Salam sehat dan salam semangat.

Selamat pagi siswa siswi kelas 3 yang saya sayangi dan banggakan. Alhamdulillah kita bisa berjumpa kembali dalam pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara online. Kali ini kita akan belajar bersama-sama materi pelajaran matematika yang ada di tema 5 subtema 1 tentang pecahan.

Mari kita pelajari bersama-sama. Jangan lupa berdoa sebelum belajar.

Pecahan adalah

Baiklah anak-anak mari kita mulai dengan pengertian pecahan. Pecahan adalah bagian dari keseluruhan. 

mari kita perhatikan ilustrasi berikut ini.

Ilustrasi 1


Saya mempunyai selembar kertas dan membaginya dua bagian sama besar. Satu bagian saya arsir dengan warna merah. Berapakah nilai pecahan bagian yang saya arsir tersebut?
Nilai pecahannya adalah satu per dua, atau seperdua, atau setengah. 1/2

Ilustrasi 2

Bila saya membagi kertas tersebut menjadi empat bagian sama besar, dan saya mengarsir satu bagiannya dengan warna merah. berapa nilai pecahan tersebut?
Nilai pecahannya adalah satu perempat, atau seperempat. 1/4

Lambang Pecahan

Perhatikan lambang pecahan berikut ini.

1/Adalah lambang Pecahan. Adapun nama pecahannya adalah "Seperenam" atau "Satu Per Enam". Bilangan/angka yang berada di atas, yaitu 1 disebut dengan pembilang. Dan bilangan/angka yang berada di bawah yaitu 6 disebut dengan penyebut.

 1/ adalah lambang pecahan. Adapun nama pecahannya adalah "Seperdua", "Satu per dua" atau "Setengah". Bilangan/angka yang berada di atas, yaitu 1 disebut dengan pembilang. Dan bilangan/angka yang berada di bawah yaitu 2 disebut dengan penyebut.

Contoh Pecahan

Paman memiliki selembar kayu papan, kemudian paman memotongnya menjadi 6 bagian sama besar. Maka, berapakah nilai pecahan dari setiap potong papan milik paman?
Setiap potong papan milik Paman bernilai 1/6

Ibu mempunyai sebuah kue berbentuk lingkaran dan memotongnya menjadi sepuluh bagian sama besar. Apabila Alya mengambil dua potongan kue itu dan memakannya, berapakah nilai pecahan dari kue yang dimakan oleh Alya?
Kue yang dimakan oleh Alya bernilai 2/10

Soal-Soal Pecahan

Tentukan nilai pecahan dari ilustrasi soal cerita berikut ini!

  1. Surya membawa sebuah kue berbentuk persegi panjang dan memotongnya menjadi 5 bagian sama besar. Berapakah nilai pecahannya?
  2. Ayah membeli sebuah pralon. Sampai di rumah, Ayah memotong pralon tersebut menjadi 3 bagian sama panjang. Berapakah nilai pecahan dari setiap pralon tersebut?
  3. Woko mempunyai sebatang coklat. Coklat itu kemudian dipotongnya menjadi 6 bagian sama besar. Adik Woko yang bernama Wibi datang dan mengambil 3 potongan coklat tersebut. Berapakah nilai pecahan dari coklat yang diambil oleh Wibi?

Video Pembelajaran tentang Pecahan untuk kelas 3 SD


Video Pembelajaran tentang pecahan untuk kelas 3 SD