Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH PEMUAIAN BENDA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Rifanfajrin.com - contoh pemuaian benda dalam kehidupan sehari-hari

balon udara juga menggunakan konsep pemuaian


Pemuaian dan penyusutan menjadi dua peristiwa yang acapkali terjadi di kehidupan sehari-hari. biasanya peristiwa tersebut terjadi pada berbagai zat kimia, bahan kimia maupun benda-benda yang dapat dengan mudah kita jumpai ada di sekitar kita. 

Pemuaian terjadi apabila terjadi peristiwa perubahan suhu dari rendah ke suhu yang tinggi. sedangkan penyusutan terjadi apabila terjadi perubahan suhu dari suhu tinggi ke suhu yang rendah. Pada banyak hal, pemuaian dan penyusutan terjadi pada tiga jenis bahan yaitu bahan cair, bahan padat, dan bahan gas. Adanya Perubahan suhu memungkinkan terjadi pemuaian dan penyusutan secara cara bergantian. pemuaian biasanya menyebabkan terjadinya pertambahan panjang luas dan volume.

Beberapa contoh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari :

Termometer

contoh pemuaian


Pemuaian dapat terjadi juga pada zat cair. Di dalam termometer terdapat suatu zat cair yang berisi air raksa atau alkohol yang tersimpan dalam pipa kapiler. kerja Termometer menggunakan prinsip/konsep pemuaian. Ketika terjadi pertambahan suhu, maka raksa akan mengalami pemuaian sehingga air raksa tersebut akan naik, ini artinya suhu saat itu meningkat. Demikian sebaliknya ketika suhu turun, air raksa akan mengalami penyusutan.

Balon Udara

Balon udara menggunakan konsep pemuaian gas. Dibandingkan zat padat dan zat cair, gas lebih mudah untuk memuai. Gas tersusun atas molekul- molekul yang bergerak bebas. Apabila dipanaskan, energi gerak molekul akan semakin besar dan tekanan gasnya juga akan lebih besar. Sehingga udara yang panas akan mendesak naik ke atas, mencari udara yang lebih dingin.

Pemasangan Jaringan Listrik/ Telepon



Apabila kita lihat pemasangan kabel- kabel jaringan listrik di sepanjang jalan, nampak longgar/ kendur/ tidak kencang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi memanjangnya kabel pada saat siang hari dan menyusutnya kabel pada malam hari.

Sambungan Rel Kereta Api



Sama tujuannya dengan pemasangan kabel jaringan yang kendur, pemasangan sambungan rel kereta api yang memiliki celah bertujuan agar rel tidak membengkok apabila mengalami pemuaian dan pertambahan panjang. Panjang celah antar sambungan harus diukur sedemikian rupa sehingga tidak kurang antara panjang celah dan pertambahan panjang ketika memuai.

Kaca



Kaca pada jendela bisa saja pecah karena pemuaian saat terkena paparan panas dari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut terjadi karena pemuaian panjang yang menekan bagian tepi kaca. Untuk itu setiap kaca yang dipasang pada jendela selalu diberikan sedikit jarak atau ruang pada bagian tepi.

Keramik



Selain kaca, keramik juga dapat memuai. Setiap pemasangan keramik, harus diberikan jarak antara satu dengan yang lainnya yang disebut ‘open joint’. Di tengah-tengah ruang tersebut biasanya diisi dengan bahan ‘nat’ yang memiliki sifat fleksibel.

Mesin Kendaraan

Mesin mobil atau motor yang dingin tidak bekerja secara baik. Hal ini disebabkan ukuran piston yang menyusut, dan ketika mencapai suhu operasi normal (panas) akan bekerja maksimal. Untuk itu sebuah kendaraan dianjurkan dipanaskan dulu sebelum digunakan.

AKHIR KATA

Demikianlah beberapa contoh pemuaian benda dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat.