Pengertian Makanan Dan Minuman Sehat Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Makanan Dan Minuman Sehat Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian makanan dan minuman sehat ternyata belum sepenuhnya dipahami dengan benar oleh masyarakat. Banyak diantara mereka yang menganggap jika makanan dan minuman sehat itu harganya mahal dan rasanya enak.

Padahal, suatu makanan dan minuman dikategorikan sehat apabila ia mengandung asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Selain bergizi, makanan dan minuman sehat juga harus memenuhi syarat higienis dan berkecukupan. 

Makanan higienis yakni makanan yang tidak terkontaminasi kuman dan zat yang bisa mengganggu kesehatan. Makanan berkecukupan yaitu makanan yang sesuai kebutuhan berdasarkan kondisi dan usia tubuh. Sedangkan makanan bergizi yaitu makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan lemak yang cukup bagi tubuh.

Selain memenuhi 3 persyaratan tersebut, makanan sehat juga dipengaruhi oleh suhu ketika penyajian, cara memasaknya, dan bahan makanan. 

Makanan dan minuman yang sehat memiliki tiga peran penting, yaitu sebagai zat pengatur, zat pembangun, dan zat tenaga untuk tubuh. Di Indonesia sendiri, makanan dan minuman sehat dikenal sebagai 4 sehat 5 sempurna.

Setiap orang harus mengkonsumsi makanan dan minuman sehat setiap harinya agar tubuh tetap sehat, berkembang dan tumbuh dengan baik. 

Makanan sehat bisa saja berubah menjadi makanan yang tidak baik dikonsumsi, apabila cara pengolahannya salah. Misalnya saja kentang, apabila ia direbus maka ia bermanfaat bagi tubuh. Sementara itu, apabila kentang digoreng maka kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Makanan mahal dan rasanya enak juga belum tentu dikategorikan sehat. Sebut saja makanan cepat saji atau junkfood yang rasanya lebih mahal jika dibandingkan tahu, tempe, dan susu kedelai. 

Lantas, apakah junkfood baik untuk kesehatan tubuh karena rasanya enak dan harganya mahal? Tentu saja tidak, justru berbahaya bagi kesehatan tubuh. 



Contoh Makanan Dan Minuman Sehat

• Susu

Susu adalah minuman yang kaya akan kandungan protein. Banyak sekali manfaat susu bagi kesehatan, diantaranya adalah memperkuat tulang, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan depresi. 

• Kacang

Kacang mengandung tinggi Vitamin A, Vitamin C, lemak baik, Vitamin E, dan mineral. Kacang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kanker usus besar. 

• Jus Buah

Berbagai kandungan baik di dalam buah-buahan bisa Anda dapatkan dengan cara yang enak dengan cara membuatnya menjadi jus. 

• Teh

Minuman ini mengandung tinggi antioksidan dan aneka kandungan lain yang tidak kalah baik bagi kesehatan tubuh. 

• Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang dikenal kaya akan kandungan zat besi. Beberapa diantara manfaat bayam adalah mencegah penuaan dini, mengatasi katara, dan mencegah bayi lahir cacat.


Itu tadi adalah ulasan singkat mengenai pengertian makanan dan minuman sehat. Semoga artikel ini bisa membuka wawasan baru bagi Anda semua. 

close