Widget HTML Atas

Teknologi Pangan - Materi pelajaran kelas 3 SD Tema 7 Subtema 1

Teknologi Pangan - Materi pelajaran kelas 3 SD Tema 7 Subtema 1

Teknologi Pangan


Di dalam kehidupan, manusia memiliki kebutuhan-kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Kebutuhan dasar manusia biasa juga disebut dengan kebutuhan pokok atau kebutuhan primer. Kebutuhan dasar itu berupa kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan. Kebutuhan pangan adalah kebutuhan manusia akan makanan dan minuman. Kebutuhan sandang adalah kebutuhan manusia pada pakaian yang dikenakannya. Sedangkan kebutuhan papan merupakan kebutuhan manusia akan tempat tinggal atau rumah.

Dari ketiga kebutuhan dasar manusia tersebut, kebutuhan pangan merupakan kebutuhan yang paling banyak dipenuhi. Oleh karena itu, aneka jenis makanan harus selalu tersedia sepanjang waktu untuk memenuhi kebutuhan manusia akan pangan. Padahal, kita semua tahu, bahwa bahan pangan mudah sekali rusak atau membusuk. Tidak semua bahan pangan bisa bertahan lama. 

Maka dari itu, dengan akalnya, manusia terus berpikir, mencoba, dan terus mencoba (trial and error), mencari cara yang tepat guna mengolah, menyimpan, mengemas, atau mengawetkan bahan pangan yang mudah rusak dan membusuk tersebut. Setelah melalui proses pemikiran dan percobaan yang panjang, maka lahirlah cara-cara yang disebut dengan teknologi pangan.

Jadi, teknologi pangan adalah penerapan ilmu-ilmu pengetahuan untuk mengolah bahan-bahan pangan. Berkat teknologi pangan, bahan makanan dapat tersedia dalam waktu yang relatif lebih lama (cukup lama/awet). Selain itu, bahan-bahan makanan yang dihasilkan pun dapat diolah menjadi bentuk makanan lain yang lebih bervariasi. Dengan teknologi pangan pula, cara pengemasan bahan pangan pun lebih maju, sehingga manusia berhasil mengemas dan membuat makanan menjadi lebih higienis/lebih bersih, bebas dari bibit penyakit, dan makanan menjadi lebih menarik.

Teknologi Pangan - Materi pelajaran kelas 3 SD Tema 7 Subtema 1
Cokelat

Teknologi pangan juga membuat bahan pangan menjadi lebih memiliki nilai ekonomis. Misalnya, seorang petani hanya akan mendapat sedikit keuntungan ekonomi apabila menjual pisang yang dipanennya. Buah pisang itu akan lebih mahal (bernilai ekonomis tinggi) apabila terlebih dahulu diolah menjadi beragam variasi makanan seperti ceriping pisang, selai, dan lain-lain. Tentu saja olahan pisang tersebut juga dikemas dengan menarik serta lebih awet, sehingga penjualannya bahkan bisa sampai luar kota atau luar negeri (ekspor).

[]

Sebagai latihan

  1. Apakah yang dimaksud dengan teknologi pangan?
  2. Sebutkan tiga macam kebutuhan dasar manusia, serta jelaskan dengan contohnya!
  3. Dari tiga macam kebutuhan manusia, kebutuhan apakah yang paling banyak dipenuhi oleh manusia?
  4. Jelaskan (paling sedikit) tiga manfaat dari teknologi pangan!
  5. Mengapa bahan pangan tidak dapat selalu tersedia dalam waktu yang lama? Jelaskan!
[]