Widget HTML Atas

Teknik Dasar dalam Berenang

Teknik Dasar dalam Berenang - Ada tiga teknik dasar yang harus kita pelajari agar kita mahir berenang. Tiga teknik dasar dalam berenang tersebut antara lain adalah: 1) teknik pernapasan, 2) teknik mengambang atau mengapung, dan 3) teknik meluncur.

Teknik-teknik dasar ini sangat penting untuk kita kuasai terlebih dahulu sebelum mempelajari macam-macam gaya berenang, seperti renang gaya bebas, gaya dada atau gaya katak, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu atau yang biasa juga disebut sebagai dolphin stokre.

Jika kita sudah menguasai dasar-dasar teknik dalam berenang tersebut, selanjutnya akan lebih mudah dalam mempelajari atau berlatih bermacam-macam gaya renang.

Berikut ini adalah teknik-teknik dasar dalam berenang.

Teknik Dasar dalam Berenang

Teknik Dasar dalam Berenang

1. Latihan Pernapasan

Pertama adalah berlatih menahan napas di dalam air. Bernapas pada saat berenang harus dilakukan dengan cepat atau dalam waktu yang singkat, tetapi napas tersebut akan dipakai dalam waktu yang lama.

Langkah-langkah untuk berlatih menahan napas pada saat berenang adalah sebagai berikut.
  1. Mula-mula berdirilah di dalam kolam renang dengan kedalaman yang cukup. Artinya tak terlalu dalam, namun juga tidak terlalu dangkal.
  2. Tutuplah kedua telinga dengan menggunakan kedua tangan.
  3. Tariklah napas dalam-dalam.
  4. Selanjutnya benamkan kepala di dalam air. Tahanlah napas dalam 5 hitungan, misalnya.
  5. Angkatlah kepala dari dalam air, hembuskan napas dari mulut, kemudian di atas permukaan air hiruplah udara melalui hidung.
  6. Lakukan kembali langkah ketiga dan keempat secara berulang-ulang dengan menambahkan hitungan saat menahan napas. (tadi kita mulai dengan latihan 5 hitungan)
  7. Bila sudah terbiasa, lakukan kembali gerakan mengambil napas di luar air dengan menengokkan kepala ke kanan atas dan ke kiri atas.
  8. Lakukan berulang-ulang hingga terasa santai atau rileks.

2. Mengambang


Teknik dasar yang kedua adalah mengambang atau mengapung di atas permukaan air. Adapun latihan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Bersandarlah di tepi kolam renang, dan rentangkan tangan di tepi kolam untuk menahan badan.
  2. Angkatlah tubuh dan kaki secara bersamaan.
  3. Gerakkan kaki dengan pola gerakan mendayung.
  4. Lakukan berulang-ulang dengan rileks hingga kaki dan tubuhmu terasa terangkat mengapung di air.

Kita juga bisa berlatih mengambang dengan menggunakan berbagai alat bantu renang yaitu pelampung. Pelampung adalah alat bantu renang yang terbuat dari karet atau plastik berisi angin. Bentuk dan macamnya pelampung juga beragam. Ada yang berbentuk seperti kue donat/ban, ada juga yang dikenakan di lengan, atau ada juga yang berbentuk seperti rompi.

Teknik Dasar dalam Berenang
Pelampung & papan luncur

Latihan mengambang atau mengapung ini juga bisa dilakukan bersamaan dengan teknik dasar yang ketika, yaitu teknik meluncur. Untuk latihan ini, kita bisa gunakan alat bantu yaitu papan luncur.

3. Latihan Meluncur

Latihan yang ketiga adalah berlatih meluncur. Gerakan meluncur dalam olahraga renang adalah gerakan tubuh secara horizontal di bawah permukaan air.

Latihan meluncur bisa dilakukan dengan atau tanpa alat bantu renang berupa papan luncur. Papan luncur adalah alat bantu renang yang terbuat dari plastik keras yang berfungsi hampir sama seperti pelampung, yaitu agar kita dapat mengapung di permukaan air. 

Namun, sedikit berbeda, selain untuk latihan mengambang, sesuai dengan namanya papan luncur juga digunakan untuk berlatih meluncur.

Adapun langkah-langkah latihan meluncur adalah sebagai berikut.

Teknik Dasar dalam Berenang
Latihan Meluncur

  1. Berdirilah membelakangi dinding kolam.
  2. Tempelkan salah satu telapak kaki yang terkuat (kaki kanan atau kiri) ke dinding kolam. Usahakan posisi jari-jari kaki menghadap lurus ke bawah kolam. Posisi ini untuk menghasilkan tolakan yang kuat pada saat latihan meluncur.
  3. Posisikan kedua tangan maju ke depan secara sejajar dengan telinga.
  4. Posisikan kepala masuk ke dalam air sehingga telinga sejajar dengan kedua lengan.
  5. Doronglah badan dengan tolakan kaki terkuat tadi, sehingga badan pun meluncur di atas permukaan air.
  6. Seimbangkan badan selama meluncur sejauh mungkin hingga tubuh benar-benar berhenti.
  7. Lakukan secara berulang-ulang sebanyak 10-15 kali latihan hingga tubuh benar-benar seimbang ketika meluncur, dan kita melakukannya dengan rileks.

Demikianlah tiga teknik dasar dalam berenang. Yang terpenting dalam latihan ketiga teknik ini adalah rileks namun tetap fokus. Usahakan jangan gampang panik ketika berada di dalam air.

Setelah ketiga teknik ini berhasil kita kuasai, selanjutnya kita akan berlatih bermacam-macam gaya dalam berenang dengan lebih mudah. 

[]