Cara Membaca Puisi dengan Baik

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra selain prosa dan drama. Puisi lebih ringkas dibandingkan dengan dua jenis karya sastra tadi.

Puisi dinyatakan dengan bahasa dan pilihan kata yang indah yang merupakan buah dari gagasan, pikiran, dan perasaan dari pengarang terhadap sesuatu yang dirasakan dan ditemuinya.

Di sekolah dasar, pelajaran bagaimana menulis puisi dan bagaimana membaca puisi dengan baik dan benar telah diajarkan. Siswa diajari bagaimana cara membaca puisi dengan ekspresi yang tepat. Itulah yang dimaksud dengan deklamasi.

Deklamasi adlaah membaca puisi dengan baik dan menarik, dengan ekspresi dan penjiwaan yang tepat.

Berikut ini adalah tips membaca puisi dengan baik.

===
Bacaan terkait:
=====

www.rifanfajrin.com

Cara Membaca Puisi dengan Baik

Agar dapat membaca puisi dengan baik, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan!

1. Langkah yang pertama, kita harus yakin pada diri sendiri, percaya diri, bahwa kita pasti mampu membaca puisi dengan baik. Tanpa kepercayaan diri, kita akan sulit membaca puisi dengan baik.

2. Kedua, kita harus memahami dan mengerti isi puisi yang akan dibaca terlebih dahulu. Pemahaman dan pengertian yang tepat pada isi puisi akan memudahkan kita menunjukkan ekspresi, mengatur tempo dan irama, tinggi rendah nada, dan bagaimana melafalkan puisi dengan tepat.

3. Selanjutnya, kita harus menentukan sikap ketika membaca puisi. Apakah puisi itu harus dibaca dengan penuh semangat, gembira, sedih, dan sebagainya.

4. Langkah yang keempat adalah berlatihlah mengucapkan kata-kata yang sukar dari puisi tersebut. Lakukanlah dengan tekun dan berulang kali tanpa mengenal kata menyerah dan putus asa.

5. Terakhir, sebelum membaca puisi di depan banyak orang, berlatihlah di depan cermin atau kita video pembacaan puisi kita sendiri. Tujuannya adalah agar kita bisa mengevaluasi bagaimana pembacaan puisi kita. Nah dalam berlatih itu, gunakanlah penghayatan dan lafal yang jelas. Jangan lupa sertakan pula gerak dan raut wajah yang sesuai dengan isi puisi yang kita baca.

5 Tips di atas kiranya akan berhasil apabila kita terus mengasah kemampuan kita, terus berlatih dengan giat dan tekun, hingga kita pun mahir membaca puisi.