MENGHADAPI ABAD 21 INI KETERAMPILAN BELAJAR APA YANG HARUS DIMILIKI OLEH GURU DAN SISWA?



MENGHADAPI ABAD 21 INI KETERAMPILAN BELAJAR APA YANG HARUS DIMILIKI OLEH GURU DAN SISWA?


1) Keterampilan berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik atau sering dikenal dengan communication and collaboration. 


Keterampilan ini merupakan keterampilan dalam hal komunikasi dan kerjasama yang baik. Guru dan Siswa mampu berkomunikasi dengan berbagai cara, baik tertulis maupun verbal. Guru dan siswa dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia.

Siswa diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah dari gurunya. Siswa tidak boleh lagi anti ICT, mereka harus biasa dengan komunikasi yang berteknologi, demikian juga gurunya.

Siswa harus mampu dalam kerjasama berkelompok dan kepemimpinan, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain, menempatkan empati pada tempatnya, dan menghormati perspektif berbeda.

2) Keterampilan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah atau sering dikenal dengan critical thinking and problem solving. 


Guru dan siswa mampu memahami sebuah masalah yang rumit, mengkoneksikan informasi satu dengan informasi lain, sehingga akhirnya muncul berbagai perspektif, dan menemukan solusi dari suatu permasalahan. Critical thinking dimaknai juga kemampuan menalar, memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah.

Guru memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menciptakan siswa berpikir kritis. Siswa dituntut mampu menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri. Siswa juga memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah. Atau secara singkatnya berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan untuk menjadi lebih baik.


BACA JUGA: [VIDEO] PENERAPAN PEMBELAJARAN PADA ABAD 21

3) Keterampilan mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain atau sering dikenal dengan creativity and innovation. 


Guru mampu merangsang siswa untuk berpikir kreatif dalam segala bidang. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, guru harus mampu menumbuhkan setiap kreatifitas semua siswa, bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda. Kreativitas juga didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam menciptakan penemuan baru (inovasi).

4) Keterampilan untuk menjadi warga negara yang baik atau sering dikenal dengan citizenship. 


Kemajuan Teknologi dan Informasi di abad 21 akan membuat rasa nasionalisme berkurang. Oleh sebab itu, guru harus mampu membangun nasionalisme pada diri siswa untuk menjadi warga negara yang baik, dengan cara berkontribusi membangun negara melalui prestasi dan kerja nyata.

5) Keterampilan untuk dapat memahami dan menggunakan informasi dari berbabagai sumber untuk ditampilkan di Internet atau sering dikenal dengan digital literacy. 


Berdasarkan catatan UNESCO, digital literacy merupakan kemampuan untuk mengakses sumber berita dan mengevaluasi secara kritis dan menciptakan informasi melalui teknologi digital. Melalui digital literacy, seseorang tidak sekedar memiliki kemampuan untuk mengoperasikan peralatan teknologi, tapi juga harus memiliki kemampuan lain.

6) Keterampilan untuk mengembangkan potensi siswa atau sering dikenal dengan student leadership and personal development. 


Guru harus mampu memahami potensi setiap siswa dan mengembangkan potensi tersebut. Setiap anak mempunyai potensi yang berbeda-beda, guru harus mampu meningkatkan rasa percaya diri kepada siswa dalam mengembangkan potensinya.


BACA JUGA; CONTOH RANCANGAN PENGEMBANGAN GURU BERKELANJUTAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel