Kumpulan Soal Cerita Matematika Penjumlahan dan Pengurangan (Untuk Kelas 3 SD Semester 1)

Kumpulan Soal Cerita Matematika Penjumlahan dan Pengurangan (Untuk Kelas 3 SD Semester 1)


www.rifanfajrin.com
Gambar oleh Alicja dari Pixabay

Soal-Soal Penjumlahan


1) Pak Dika memiliki sebuah peternakan ayam, yang berisi ayam jantan dan ayam betina. Jika ayam jantan berjumlah 116 ekor dan ayam betina berjumlah 876 ekor, berapakah jumlah seluruh ayam di peternakan Pak Dika?

2) Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, siswa SD Labschool Unnes membuat bendera merah putih dari kertas. Selanjutnya, bendera kertas itu akan dipasang di kelas-kelas dan beberapa sudut sekolah.

Siswa laki-laki berhasil membuat 765 bendera kertas. Sedangkan siswi perempuan berhasil membuat 828 bendera kertas. Dengan demikian, berapakah jumlah seluruh bendera kertas yang berhasil dibuat oleh siswa SD Labschool Unnes?

3) Tanggal 20 Agustus akan ada pawai dan karnaval. Ibu Dewi berencana akan berjualan es lilin. Jika Ibu Dewi membuat 25 es rasa anggur, 36 es rasa jeruk, 15 es rasa stroberi, dan70 es teh, berapa batang es lilin yang dibuat oleh Ibu Dewi?

4) Jumlah buku di perpustakaan Sekolah Dasar Harapan Bangsa ada 1.523 judul buku. Pada tahun ini, sekolah  mendapat bantuan buku dari Dinas Pendidikan sejumlah 250 judul buku, serta sumbangan buku dari siswa sejumlah 319 judul buku. Berapakah jumlah buku di perpustakaan Sekolah Dasar Harapan Bangsa sekarang?

Baca Juga: Kumpulan latihan Soal Cerita Perkalian dan Pembagian untuk kelas 3 SD Semester 1


SOAL-SOAL Pengurangan


1) Kakek pergi ke pasar membawa 500 butir mangga untuk dijual. Sore harinya kakek pulang dan membawa 25 butir mangga yang tersisa tidak terjual. Berapa butir mangga yang berhasil dijual oleh Kakek di pasar?

2) Paman sudah sedang memilih pakaian untuk dijual ke pasar. Jumlah pakaian paman adalah 789 potong pakaian. Ternyata, ada pakaian paman yang rusak sejumlah 11 potong. Berapa potong pakaian milik paman yang masih bisa untuk dijual?

***

Baca Juga: Rangkuman Materi Matematika Kelas 3 SD Semester 1 (gasal)
close