Contoh Proposal Seminar Parenting Sekolah Dasar

Contoh Proposal Seminar Parenting Sekolah Dasar

PROPOSAL
SEMINAR PARENTING 
Dengan Tema : GIVE THE QUALITY TIME FOR KIDS



A.Latar Belakang

Di dalam masyarakat kita, masih sering dijumpai pola pikir bahwa pendidikan itu hanyalah tanggung jawab dari pihak lembaga pendidikan saja. Orang tua telah sepenuhnya mempercayakan pendidikan anak-anaknya, menaruh harapan yang tinggi kepada lembaga pendidikan di sekolah. Bahkan orang tua berani membayar mahal untuk itu. Selanjutnya, orang tua juga menuntut lembaga pendidikan untuk bisa memberikan hasil pembelajaran yang optimal kepada anak-anaknya, dan tak jarang mereka menyampaikan rasa kecewa apabila harapan tersebut tak sesuai kenyataannya.

Meski tak sepenuhnya salah, akan tetapi fenomena keliru ini haruslah cepat-cepat diluruskan. Bahwa tanggung jawab pendidikan anak, tak hanya bisa dibebankan kepada lembaga pendidikan. Namun, juga merupakan tanggung jawab di dalam keluarga itu sendiri, khususnya ibu dan ayah. Ayah dan Ibu, sejatinya merupakan guru pertama dan utama, yang sangat berperan sebagai pendidik di rumah. 

Teori ekologi Bronfenbrenner (1979) telah menjelaskan tentang perkembangan anak yang dipengaruhi oleh sistem interaksi yang kompleksn dengan beberapa tingkatan lingkungan sekitarnya. Lingkungan itu sendiri mencakup interaksi yang saling berhubungan antara di dalam dan di luar rumah, sekolah dan tetangga dari kehidupan anak setiap hari dalam kurun waktu yang sangat lama. Interaksi ini menjadi generator utama, atau motor penggerak perkembangan anak yang  merupakan pusat dari lingkaran, dikelilingi oleh berbagai sistem interaksi yang terdiri dari sistem makro, makro, exo, maupun sistem meso. Sistem Mikro yaitu lingkaran yang paling dekat dengan anak. Sistem ini meliputi kegiatan dan pola interaksi langsung dari anak dengan lingkungannya yang paling dekat. Misalnya interaksi dengan orang tua, adik dan kakak kandung, sekolah, serta teman sebaya. 

Untuk menjawab fenomena ini  banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan program parenting yaitu bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak antara di kelompok bermain dan di rumah. Parenting ini ditujukan untuk para orang tua, para pengasuh anak, dan anggota keluarga lain yang berperan secara langsung dalam proses perkembangan anak.

Berdasarkan latar belakang tersebut kami bermaksud mengadakan kegiatan parenting dengan tema “Give The Quality Time For Kids”.

B. Dasar Kegiatan

1. Rapat Kerja SD Negeri Merah Putih
2. Rapat Panitia Kegiatan Parenting dengan tema “Give Quality Time for Kids”

C. Tujuan Kegiatan

1. Memberikan pemahaman kepada orangtua berkaitan dengan parenting
2. Membelajarkan pentingnya waktu untuk anak dalam mendukung perkembangan anak dengan optimal

D. Manfaat Kegiatan

1. Orangtua Murid sebagai guru pertama dirumah dapat memberikan waktu yang berkualitas untuk anak

2. Anak dapat memperoleh perhatian yang lebih dan dapat berkembang secara optimal

E. Waktu dan Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 di kampus SD Negeri Merah Putih di Jl. Dr. Sutomo.

F. Metode Kegiatan

Kegiatan Seminar Parenting dengan tema “Give Quality Time for Kids” dengan peserta seluruh orangtua murid dari kelas I-V yang berjumlah 236 orang dan guru serta karyawan dengan total peserta 270 orang.

G. Susunan Panitia

1. Pengarah : Dr. Muhammad Amin, M.Si
2. Penanggung Jawab: Taufiq Sanjaya, S.Pd, M.Pd
3. Ketua : Joko Susilo, S.Pd
4. Sekretaris : Siti Aminah,S.Pd
5. Bendahara : Noviana Fitri, SE
6. Anggota : Widi Sriyono, S.Si
7. Konsumsi : Dita Anindita
8. Dekorasi dekdok : Roni Yuliand 
9. Humas : Mukhlis dan Siska
10.Sarpras : Andi Kara


J. Penutup

Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebaik-baiknya, semoga kegiatan ini dapat terlaksana, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Nama Kota, 1 Juli 2019
Tanda tangan dan nama terang Penanggung Jawab dan Ketua Panitia

===

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel