Metode Permainan Truth And Dare, Apa Kelebihannya?

Kelebihan Metode Permainan Truth and Dare

Metode mengajar adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai secara optimal (Sanjaya 2006). Metode permainan dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan perkembangan kognitif dan sosial, tetapi juga mengembangkan bahasa, emosi, disiplin, dan kreativitas. Melalui bermain, perkembangan sosial siswa dapat berkembang, seperti belajar berkomunikasi, mengorganisasi peran, menghargai orang lain dan menaati peraturan.




Hasil penelitian Priatmoko (2008) disimpulkan bahwa permainan Truth and Dare yang dilakukan pada pembelajaran kimia memiliki beberapa kelebihan, antara lain: 

1. dapat menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan menyenangkan, sehingga antusiasme siswa terhadap pembelajaran semakin bertambah.

2. siswa dilibatkan secara langsung dalam permainan, guru hanya sebagai juri, motivator dan fasilitator

3. suasana kompetitif selama permainan mampu memicu siswa untuk menjadi yang terbaik diantara siswa lainnya.

Di dalam permainan siswa akan terlibat secara aktif dan menyenangkan. Kline dalam Sudrajat (2012) mengatakan bahwa belajar akan efektif jika dilakukan dalam suasana menyenangkan. Menyenangkan atau membuat suasanan belajar dalam keadaan gembira bukan berarti menciptakan suasana yang ribut dan hura-hura. Kegembiraan disini berarti bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, serta terciptnya makna, pemahaman, dan nilai yang membanggakan pada diri siswa, sehingga kualitas pembelajaran akan semakin meningkat.

Permainan disini menuntut adanya kompetisi antar kelompok siswa. Dengan kompetisi akan dapat meningkatkan motivasi dan perhatian siswa dalam pembelajaran. Kompetisi yang dimaksud disini adalah kompetisi antar siswa untuk menjadi yang terbaik di kelas tanpa harus menjelekkan atau meremehkan siswa yang lain.

Dari kegiatan permainan ini diharapkan siswa dapat mengingat kembali konsep yang telah dipelajari, meningkatkan motivasi siswa dengan adanya apresiasi dari guru, dapat melatih siswa berpikir cepat dan tepat, meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok, sekaligus memberikan karakter siswa untuk berani, meningkatkan rasa percaya diri, dan tegas dalam mengambil keputusan dengan segala resikonya. Selain itu melalaui permainan ini juga dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam belajar yang menyenangkan dan menghibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel