Macam-Macam Cara pengambilan Data Penelitian

Macam-Macam Cara pengambilan Data Penelitian

Cara pengambilan data dalam penelitian ini dilakaukan melalaui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.

a) Observasi

Dalam observasi dilakukan pengamatan terhadap apa yang akan diteliti. Teknik observasi ini digunakan pada saat penerapan pembelajaran model group investigation disertai permainan. Melalui observasi ini diharapkan dapat diperoleh data tentang kinerja guru dan aktivitas siswa pada saat penelitian dilaksanakan.
Instrumen yang digunakan dalam observasi adalah lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Lembar observasi ini akan diisi oleh observer. Observer dipilih yang sudah familiar dnegan siswa, sehingga pembelajaran dpat berjalan dengan alami dan tidak dibuat-buat, sehingga tidak mempengaruhi data.

b) Angket

Angket adalah kumpulan pertanyaan yang disusun dengan jelas untuk mendapatkan jawaban dari subyek yang diteliti tentang hal yang ingin diketahui peneliti (Suparno 2008). Dalam penelitian ini angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran model group investigation disertai permainan. Angket yang digunakan adalah angket tertutup dimana pada setiap pertanyaan yang diajukan disediakan jawaban, siswa menjawab pertanyaan tersebut dengan memilih jawaban yang sesuai dengan apa yang dirasakan.

c) Wawancara

Wawancara adalah kegiatan yang menuntut peneliti mengadakan pembicaraan terencana terhadap subyek yang diteliti dengan pertanyaan lisan yang telah disiapkan untuk mendapatkan data yang diinginkan (Suparno 2008). Dalam penelitian ini, wawancara digunakan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap pembelajaran model group investigation disertai permainan.

d) Dokumentasi 



Studi dokumentasi merupakan suatu teknik untuk mengumpulkan data melalui kajian dokumen untuk memperoleh data yang berhubungan dengan apa yang diteliti. Danial dan Wasriah mengatakan bahwa studi dokumentasi adalah mengumpulkan informasi yang dibutuhkan yang sesuai dengan masalah penelitian dalam bentuk grafik, gambar, surat, foto, dan sebagainya. Teknik ini dilakukan dengan melihat, menganalisis data-data yang berupa dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Dalam penelitian ini dokumentasi yang dikumpulkan dalam bentuk foto, video, dan portofolio.

e) Catatan lapangan

Catatan lapangan adalah catatan tertulis tentang apa yang didengar, dilihat, dialami, dan dipikirkan sebagai sumber data dan refleksi. Berbagai aspek yang bisa ditulis dalam catatan lapangan diantaranya adalah suasana kelas, pengelolaan kelas, interaksi guru dan siswa, serta interaksi siswa dengan siswa yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel