PETUNJUK UMUM PEMBUATAN JURNAL DAN LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR

Beberapa hal berkaitan tentang praktikum fisika dasar telah kita bahas sebelumnya, antara lain:

Maka, kita akan melengkapinya dengan contoh PETUNJUK UMUM PEMBUATAN JURNAL DAN LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR. Selamat membaca.

Image by rambotent from Pixabay 

PETUNJUK UMUM PEMBUATAN JURNAL DAN LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR


Laporan ditulis rapi pada Buku Kerja Praktikum

Perlengkapan yang harus dimiliki setiap praktikan dan wajib dibawa ketika praktikum:

1. Buku Petunjuk Praktikum. 
2. Buku tulis ukuran folio, boleh bergaris atau tidak bergaris, digunakan sebagai jurnal laboratorium. 
3. Kertas berpetak milimeter lepas.
4. Pensil runcing.
5. Penggaris transparan ukuran minimum 20 cm.

Keterangan:

1. Buku Petunjuk Praktikum.

Buku Petunjuk Praktikum diterbitkan oleh Sub Lab Fisika. 

2. Jurnal Laboratorium.

a. Tulislah identitas Anda: nama, no. Mahasiswa, Jurusan/Progdi dan Fakultas dimana anda kuliah.

b. Tulislah nomor urut di setiap halaman sehingga semua halaman memiliki nomor halaman yang urut. Halaman jurnal laboratorium boleh ditulisi bolak balik.

c. Tulislah hari dan tanggal, kalau perlu jam,  di halaman buku jurnal laboratorium sesuai dengan waktu pelaksanaan suatu percobaan tertentu.

d. Tulislah nama rekan kerja beserta dengan asisten pembimbing pada praktikum percobaan tersebut.

e. Tulislah secara lengkap semua peralatan yang digunakan, meliputi merk, model/seri, ketelitian, atau jenis: analog/digital. Hal ini akan memudahkan Anda andaikata disebabkan suatu hal Anda perlu mengulangi kembali eksperimen yang sama di lain waktu.

f. Gambarlah diagram sederhana tetapi lengkap rangkaian/setting up peralatan eksperimen yang anda lakukan. Tulislah pada gambar tersebut komponen – komponen yang anda gunakan.

g. Catatlah cara kerja yang anda lakukan selama eksperimen.

h. Catat dan tulislah semua peristiwa yang terjadi yang berkaitan dengan eksperimen, baik secara langsung maupun tak langsung. Sebagai contoh, tegangan listrik tidak stabil ketika melakukan eksperimen, jangka sorong tidak dapat dinolkan, dan lain-lain.

i. Catatlah semua hasil pengamatan (data eksperimen) dalam bentuk tabel (kalau perlu) agar mudah dibaca.

j. Buatlah analisa data lengkap termasuk grafik dan perkiraan kesalahan, sehingga diperoleh hasil akhir yang menjadi tujuan percobaan. 

k. Semua kegiatan di atas HARUS diselesaikan pada saat praktikum, saat itu juga. Dengan demikian, pada saat selesai melaksanakan praktikum, mahasiswa praktikan sudah tidak memiliki beban tanggungan lagi.

l. Halaman bernomor buku jurnal laboratorium tidak boleh disobek/dibuang. Jika anda salah menuliskan sesuatu, cukup anda coret bagian yang salah tersebut dan tulislah penggantinya di samping coretan tadi. Sangat tidak dianjurkan menutup bagian yang salah dengan apapun: dengan kertas, “tipe-eX” atau sejenisnya.

m. Sebagai bukti bahwa mahasiswa telah menyelesaikan semua kegiatan, mintalah tanda tangan asisten pembimbing praktikum.

3. Laporan Praktikum

Laporan Praktikum berbeda dengan Jurnal Praktikum. Jurnal praktikum berisi catatan semua kejadian yang sangat rinci tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan praktikum, tidak memiliki format baku. Laporan praktikum merupakan media melaporkan hasil praktikum secara tertulis dengan mengikuti kaidah-kaidah baku penulisan karya ilmiah. 

Jika mahasiswa hanya melakukan praktikum satu semester saja, maka di akhir praktikum mahasiswa diwajibkan membuat 1 buah Laporan Praktikum yang topiknya ditentukan oleh dosen Koordinator Praktikum. Laporan harus diketik, tidak perlu dipaksakan memperbanyak halaman, cukup 3 sampai 5 halaman. Mutu laporan tidak ditentukan hanya oleh jumlah halaman. Laporan praktikum ditulis dengan mengikuti kaidah – kadah Bahasa Indonesia baku, terdiri atas bagian – bagian:

a. Judul. 

Judul Laporan tidak harus sama dengan judul praktikum, tetapi harus singkat dan bisa menggambarkan eksperimen yang dilakukan.

b. Intisari.

Memuat ringkasan singkat tentang isi laporan yang meliputi tujuan, metode eksperimen, hasil analisa data serta simpulan. Lazimnya digunakan kalimat – kalimat pasif.

c. Pendahuluan.

Pada bagian ini tulislah gambaran singkat yang dapat membawa pembaca ke topik eksperimen yang anda kerjakan, alasan metode eksperimen yang anda pilih dari berbagai metode yang anda kenal serta tujuan percobaan. 

d. Teori.

Tulislah landasan teori dari eksperimen yang anda lakukan. Hindarilah menulis kembali teori yang sudah tertulis pada buku petunjuk praktikum. Gunakan bahasa Anda sendiri. Rumus – rumus yang anda tuliskan harus  dituliskan referensinya, kecuali rumus tersebut benar – benar hasil ciptaan anda.

e. Metode Ekeperimen.

Gambarlah skema peralatan eksperimen yang anda gunakan. Berilah keterangan lengkap bagimana anda mendapatkan data eksperimen serta ketelitian atau resolusi alat yang anda gunakan.

f. Hasil eksperimen dan diskusi.

Di bagian ini cukup anda tunjukkan data pengamatan serta hasil analisanya dalam bentuk grafik (jika mungkin). Bandingkan hasil yang anda peroleh dengan harga yang terdapat di dalam literatur dan berilah komentar.

g. Simpulan.

Tuliskan simpulan hasil eksperimen sesuai dengan tujuan eksperimen yang telah anda tuliskan di bagian pengantar.

h. Daftar pustaka.

Tulislah semua buku referensi yang anda gunakan untuk menulis laporan ini. Penulisan referensi meliputi nama pengarang, nama majalah, nama buku, penerbit, tahun terbit dan halamannya. Pilih salah satu dari beberapa model penulisan referensi.

===

Demikian Contoh PETUNJUK UMUM PEMBUATAN JURNAL DAN LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel