SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SD DAN PEMBAHASAN (BAGIAN 9)

Pembahasan soal ujian nasional bahasa Indonesia kita telah sampai pada bab prediksi kejadian, nilai positif dari cerita, dan melengkapi teks dengan istilah yang tepat.

Bila Anda ingin membaca ulasan/pembahasan soal ujian bahasa Indonesia SD, bisa Anda temukan di blog ini dengan cara mengetik kata kunci "SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SD DAN PEMBAHASAN". Semoga bermanfaat.



SOAL Nomor 22: Prediksi Kejadian berdasarkan teks!

22. Perhatikanlah teks berikut ini!

Bagas akan mengikuti pertandingan catur. Setiap hari dia berlatih di rumah Pak Guru. Mestinya, sore ini latihan terakhir sebab besok sudah bertanding. Namun Bagas tidak datang berlatih.
Kemungkinan terbaik yang terjadi jika besok pagi Pak Anton bertemu Bagas adalah . . . .
A. Memarahi Bagas habis-habisan
B. Menghukum Bagas di ruang kelas
C. Menanyakan alasan Bagas
D. Meminta Bagas batal bertanding

Jawaban: C. Menanyakan alasan Bagas

Pembahasan:
Pak Anton, sebagai guru yang baik, tentu akan mencari tahu penyebab Bagas tidak datang pada latihan terakhir. Sebab, biasanya Bagas selalu hadir saat latihan. Dengan demikian, kemungkinan terbaik adalah Pak Anton akan menanyakan alasan Bagas tidak datang latihan. Hal ini juga menunjukkan kebijaksanaan Pak Anton sebagai guru yang membimbing Bagas untuk mengikuti pertandingan catur.

Sementara itu, pilihan jawaban A, B, dan D tidak menunjukkan karakter kebijaksanaan seorang guru.

***

SOAL NOMOR 23: tentang nilai positif dari sepenggal cerita

23. Perhatikan!

Daneswari berusahan menjawab soal-soal yang diberikan guru. Sanita juga demikian. Namun, kedua anak itu sama-sama tidak mampu mengerjakan.

Avita menyadari hal itu. Ia buru-buru mendekati Daneswari. Ia menawarkan diri untuk mengajari Daneswari dan Sanita.

Daneswari dan Sanita menerima tawaran itu dengan senang hati. Pada akhirnya, kedua anak itu mampu menyelesaikan soal-soal itu dengan baik.
______

Nilai Positif dari sepenggal cerita di atas adalah . . .
A. Sikap peduli memberikan pertolongan
B. Mengetahui teman yang mengalami kesusahan
C. Memperhatikan tema yang senang bermain
D. Memberikan nasihat kepada kawan

Jawaban: A. Sikap peduli memberikan pertolongan

Pembahasan:

Nilai dan sikap positif dalam penggalan cerita di atas ditunjukkan oleh Avita. Avita mengetahui bahwa kedua temannya, yaitu Daneswari dan Sanita, tengah mengalami kesulitan menyelesaikan soal dari guru. Kemudian, Avita pun menawarkan diri untuk mengajari Daneswari dan Sanita. Hal ini jelas menunjukkan kepedulian sikap dari Avita terhadapa kedua temannya itu.

***

SOAL NOMOR 24: tentang melengkapi teks dengan kata istilah yang tepat.

24. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Minggu lalu lapangan Halmahera tidak dapat digunakan. Robohnya beberapa tiang listrik dan puing bangunan akibat hujan badai semalam menjadi penyebab utama. Tiang listrik runtuh sehingga banyak kabel listrik yang bergelantungan. Petugas PLN mengamankannya agar tidak terjadi . . . yang dapat membahayakan warga sekitar.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah . . . .
A. sekring
B. korsleting
C. tegangan
D. amphere meter

Jawaban: B. korsleting

Pembahasan:

Untuk memahami soal ini, ada baiknya terlebih dahulu kita periksa arti kata "korsleting" pada kamus. Arti kata korsleting adalah sebagai berikut.


Dengan demikian, petugas PLN mengamankan kabel-kabel listrik yang bergelantungan pada teks di atas adalah untuk menghindari hubungan pendek (korsleting). 

Catatan: pada saat kita mengerjakan ujian di ruang ujian, tentu saja kita tidak diperbolehkan untuk membawa kamus atau gawai untuk memeriksa makna kata secara daring. Maka, untuk menyelesaikan soal ini memang dibutuhkan pengetahuan yang cukup luas dengan cara memperbanyak membaca.

====

Demikian sedikit ulasan singkat SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SD DAN PEMBAHASAN.

Silakan Anda simak pembahasan kami pada post berikut:


atau


Semoga bermanfaat, selamat belajar, dan semoga sukses mendapatkan hasil yang terbaik! Amiiiiinn.

close