Cara Menambahkan Situs Baru di Adsense 2019

Bagaimana cara menambahkan situs baru ke adsense? Mengapa selalu Gagal Menambahkan Situs Baru di Adsense, padahal kita memiliki akun adsense full approve (non hosted blogger)?

Setiap kali kita mencoba untuk menembahkan situs baru ke adsense, mengapa selalu muncul kalimat Buka partner host untuk menambahkan situs ini ke adsense?


Bila Anda juga mengalaminya, dan mungkin mengalami kebingungan bagaimana cara mengatasinya, semoga post ini sedikit membantu memberikan jawabannya.

Kesulitan menambahkan situs baru di adsense ini juga saya alami. Namun alhamdulillah sekarang saya sudah menemukan jawaban atas persoalan tersebut. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.


Penyebab: Kebijakan Baru dari Google

Setelah saya mencari informasi, ternyata hal ini merupakan kebijakan baru dari Google, dimana setiap situs baru yang hendak ditambahkan ke adsense harus lolos tahap peninjauan.

Jadi, kebijakan ini berbeda dengan sebelumnya. Sebelumnya, menambahkan situs dan memasang iklan pada blog sangat mudah. Apabila kita sudah memiliki akun adsense non hosted (full aprove), kita bisa menampilkan iklan pada semua blog yang kita miliki. Bahkan kabarnya kita bisa menampilkan iklan sampai puluhan/ratusan blog. Termasuk memasang script iklan pada situs Top Level Domain (TLD) seperti .com, .co, .id, dan sebagainya.

Jangankan punya akun adsense nonhosted, apabila kita punya akun adsense hosted blogger saja, kita bisa juga memasangnya pada banyak blog yang kita miliki. Bedanya, untuk akun hosted ini kita hanya bisa memasang iklan pada situs hosted blogspot.com saja. Iklan tidak bisa tampil di situs TLD.

Namun, baru-baru ini, Google mengubah kebijakannya. Sekarang setiap situs yang hendak ditambahkan untuk menampilkan iklan harus melalui tahap peninjauan situs (site review) terlebih dahulu. Apabila situs yang ditambahkan lolos review, barulah iklan bisa tayang.


Bagaimana Cara menambahkan situs ke adsense?

Lalu, kembali kepada pertanyaan awal di atas, bagaimana cara menambahkan situs baru ke adsense agar dapat ditinjau? 

Ternyata caranya cukup mudah. Apabila Anda gagal menambahkan situs baru ke adsense dan menemui kalimat "Buka partner host untuk menambahkan situs ini ke adsense", maka berikut ini adalah cara mengatasinya.

Langkah-langkah menambahkan situs baru ke adsense adalah sebagai berikut:

1. Buka dasbor earning/penghasilan saya

Klik earnings ($) pada dasbor blogger. Bila tab penghasilan/earnings tidak muncul, cobalah ubah bahasa blogger yang semula berbahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris terlebih dahulu.

Caranya adalah klik Setelan > Dasar > Bahasa dan Pemformatan. Kemudian pilihlah bahasa Inggris - Amerika Serikat (English - United States)


2. Kaitkan dengan akun adsense yang sudah ada

Pada tab penghasilan / earnings, tautkanlah situs dengan akun adsense yang Anda miliki.


3. Periksa situs saya di adsense

Langkah selanjutnya, pergilah ke akun google adsense Anda. Maka sekarang Anda akan menemui situs yang ditambahkan tadi ke dalam daftar situs Anda. Di situ akan terlihat status situs sedang "Menyiapkan".

Situs yang sudah berhasil menampilkan iklan adalah situs dengan status "SIAP".

4. Tunggu hasil review

Pada tahap ini, yang kita lakukan adalah tinggal menunggu hasil peninjauan situs. Apabila situs kita disetujui dan berstatus siap, maka kita tinggal mengatur jenis iklan dan penempatannya.

5.  Tempelkan script iklan pada tema, tepat di bawah < head >

Tempelkan script iklan pada tema sebagai tanda kepemilikan situs. Selain cara ini, kita bisa menambahkan situs ke search console.

Pada tahap ini, script iklan yang kita pasang akan tampil sebagai kotak kosong pada blog, hingga situs kita disetujui.


Catatan Tambahan:

Sebagai catatan tambahan, perlu diperhatikan adalah, situs yang kita kirimkan untuk dilakukan peninjauan hendaknya situs yang sudah benar-benar siap. Misalnya navigasi situs oke, tampilan situs yang cantik dan elegan, atau post artikel yang memenuhi syarat/tidak melanggar kebijakan.

Atau, sembari menunggu situs kita ditinjau, kita siapkan situs blog kita sehingga benar-benar siap untuk menampilkan iklan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel