Cabang-Cabang Ilmu Kimia dan Penjelasannya

Cabang-Cabang Ilmu Kimia dan Penjelasannya

Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang Pengertian Kimia Dasar dan Penjelasannya. Pada bagian ini, kita akan mempelajari tentang cabang-cabang ilmu kimia.

Terdapat 9 cabang dalam ilmu kimia. Cabang-cabang tersebut mempelajari banyak hal yang ada di dunia ini. Menilik dari pengertiannya, ilmu kimia kemudian dikembangkan oleh para ahli guna menemukan jawaban atas pertanyaan "apa" dan "mengapa" terkait dengan sifat-sifat materi yang terdapat di alam semesta.

Untuk itulah kemudian diperlukan pembagian cabang-cabang ilmu kimia. Pembagian ini bertujuan untuk memudahkan kita memahami kimia secara lebih mendalam. Dengan demikian, fokus kajian bisa didapatkan ketika orang ingin mempelajarinya.

Misalnya saja, ketika kita ingin memahami zat-zat radioaktif, pengembangan bahan-bahan yang memiliki kandungan obat, atau bagaimana cara meningkatkan mutu suatu bahan pangan. Semua bisa dipelajari dengan ilmu kimia.



Berikut ini adalah cabang-cabang ilmu kimia, mari kita simak bersama!

1. Kimia Analisis

Kimia analisi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menganalisis bahan-bahan kimia yang ada di dalam suatu produk. Baik secara kuantitatif ataupun kualitatif. Prosesnya meliputi pemisahan, pengukuran, sampling, menyiapkan peralatan untuk keperlua, penyiapan sampel siap ukur, dan sebagainya.


2. Kimia Fisik

Kimia fisik adalah ilmu yang fokus mempelajari sifat, struktur, dan perubahan suatu zat. Selain itu, ilmu ini juga mempelajari penentuan energi yang menyertai reaksi kimia.


3. Kimia Organik

Kimia organik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahan-bahan kimia yang ada di dalam makhluk hidup.


4. Kimia Anorganik

Kimia anorganik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahan-bahan kimia yang ada di dalam benda mati.


5. Kimia Lingkungan

Kimia lingkungan adalah ilmu yang mempelajari semua peristiwa yang terjadi di lingkungan, khususnya yang berhubungan dengan pencemaran lingkungan sekaligus cara penanggulangannya.


6. Kimia Inti

Kimia inti adalah ilmu yang mempelajari zat-zat radioaktif.


7. Biokimia

Biokimia adalah ilmu yang berkaitan erat dengan ilmu biologi. Biokimia mempelajari reaksi kimia dan zat kimia yang terjadi di setiap proses biologi. Sebagai contohnya adalah metabolisme di dalam tubuh ( reaksi enzimatik, hidrolisis atau penguraian protein, lemak, dan karbohidrat).


8. Kimia Pangan

Kimia pangan adalah ilmu yang mempelajari tentang proses, komposisi, dan reaksi kimia di dalam makanan yang meliputi mikro nutrisi, makro nutrisi, dan zat aditif di dalam makanan.


9. Kimia Farmasi

Kimia farmasi adalah ilum yang fokus mempelajari pengembangan dan penelitian bahan-bahan yang mengandung obat.

====
Demikian tadi sedikit ulasan singkat tentang cabang-cabang ilmu kimia. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Anda bisa juga membaca lebih lengkap materi ilmu kimia, khususnya untuk pelajaran KIMIA SMA di blog chemistricks.

Salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel