BAGAIMANA MENINGKATKAN TRAFIC BLOG SETELAH GOOGLE PLUS DIHAPUS?

Google Plus selama ini banyak membantu para blogger untuk mempromosikan blog. Platform media sosial buatan Google itu selama ini cukup efektif digunakan untuk sharing postingan blog. Karena di dalamnya kita bisa saling berbagi bersama teman, pengikut, maupun komunitas di Google Plus.

Namun, baru-baru ini Google mengumumkan keputusannya untuk menutup Google Plus pada April 2019 ini. Tidak sedikit blogger pemula yang menyesalkan keputusan ini, yang telah menjadikan Google Plus sebagai tempat untuk sharing postingan agar dibaca lebih banyak orang.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kita meningkatkan trafik blog setelah Google Plus benar-benar akan ditutup, dan seluruh post di Google Plus akan dihilangkan?


Sebenarnya, kita tidak perlu terlalu khawatir, tidak perlu pusing-pusing amat dengan perubahan ini. Justru jadikanlah semua ini sebagai tantangan untuk lebih kreatif, lebih memacu kita untuk menghasilkan artikel berkualitas sehingga artikel kita bisa muncul di halaman pertama pencarian google.

Jangan menyerah bila artikel kita belum juga muncul di page one search google.

Setelah berdiskusi dengan beberapa teman sesama blogger, setidaknya ada tiga cara untuk meningkatkan trafik blog setelah tidak ada lagi google plus.


Adapun cara meningkatkan blog setelah google plus resmi ditutup adalah sebagai berikut.

1. Menulis Artikel Berkualitas, SEO Friendly maupun user friendly

Langkah pertama dan utama adalah meningkatkan kualitas artikel yang kita tulis. Kita pelajari lagi bagaimana cara untuk menulis artikel yang SEO friendly, sehingga mesin pencari google mudah untuk menemukan artikel kita. Pengunjung juga mudah menemukan artikel kita pada mesin pencari.

Artikel yang baik bukan hanya SEO Friendly, melainkan juga user friendly. Artinya nyaman untuk dibaca oleh orang lain, dan berisi informasi yang cukup lengkap bagi pembaca.

2. Blogwalking

Blogwalking adalah cara lama namun dirasa masih cukup efektif untuk meningkatkan trafik blog kita. Blogwalking, secara sederhana, artinya adalah berjalan-jalan ke blog orang lain. Kita berkunjung ke suatu blog, membaca informasi di dalamnya, kemudian meninggalkan komentar berisi kesan, masukan, atau apapun yang relevan dengan topik artikel tersebut.

Aktivitas blogwalking ini sekaligus untuk membangun jaringan pertemanan dengan sesama blogger.

Jadilah "penjelajah" blog yang baik. Tinggalkan komentar yang relevan, dan kita kunjungi balik blogger yang telah bertamu ke blog kita.


3. Mencari backlink berkualitas, content placement, dan sebagainya

Tak kalah penting adalah kita cari backlink untuk blog kita. Sebenarnya, aktivitas blog walking pada point 2 di atas bisa saja menambah backlink yang mengarah ke blog kita. Akan tetapi, masih ada cara lain yang cukup efektif untuk backlink, yaitu dengan content placement.

Conten placemen bisa dilakukan dengan sesama teman blogger, atau bisa juga dengan membayar jasa placemen konten di blog yang sudah memiliki traffic tinggi setiap harinya.

Konten placement pada intinya adalah "menitipkan backlink" berupa URL blog kita pada artikel yang dimuat di blog orang lain. Adapun artikel tersebut bisa kita tulis sendiri, atau ditulis oleh pemilik blog dengan mencantumkan URL blog kita di dalamnya.

BACA JUGA: Cara Tes Template Blog Responsive

Demikian tiga cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan trafik blog setelah Google plus benar-benar dihapus. Kita bisa melakukan cara-cara tersebut mulai saat ini, tidak perlu menunggu hingga google plus betul-betul dihilangkan.

Salam, semoga sukses selalu untuk kita-kita.

4 Responses to "BAGAIMANA MENINGKATKAN TRAFIC BLOG SETELAH GOOGLE PLUS DIHAPUS?"

  1. penjelajah dunia si maya. jangan lupa meninggalkan jejak layaknya jejak si gundul.
    https://www.duniaremaja.xyz/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Unyil aja bawa laptop....

      Kalau situ bawa apa? hahahahh...

      Hapus
  2. Ya mas saya juga khawatir padahal biasanya saya sharenya di google plus semoga artikel ini menambah wawasan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjut terus, Mas Kurnia... semoga sukses.. :D

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel