4 Cara Hidup Sehat Alami

4 Cara Hidup Sehat Alami

Mari sejenak kita berpikir, mengapa orang-orang zaman dahulu terlihat bahagia dan memiliki umur yang relatif panjang dibandingkan orang-orang zaman sekarang? Salah satu rahasianya adalah, karena orang-orang dahulu memiliki gaya hidup sehat. Kebiasaan inilah yang menjadikan mereka berumur panjang dan bahagia.

Sekarang kita lihat kehidupan zaman sekarang, bahkan bisa kita lihat pada diri kita sendiri. Pada zaman yang serba canggih namun sekaligus juga instan ini, disadari atau tidak, memiliki risiko untuk terjangkit penyakit yang lebih besar. Mengapa bisa? 

Coba kita lihat. Makanan cepat saji yang tersedia di mana-mana, beban kerja yang berat hingga seringkali harus diselesaikan dengan lembur, kemudian secara otomatis menjadikan kita lebih jarang berolahraga, dan gampang sekali kita terkena stress! Gimana mau hidup sehat kalau begitu?

Berangkat dari situ, kami coba sarikan beberapa cara yang bisa kita lakukan, sebagai upaya untuk mengubah kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat dan alami. Simak penjelasannya berikut ini.


4 Cara Hidup Sehat Alami

1. Istirahat cukup dan berolahraga secara rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin, meski hanya 15-30 menit per hari, dipercaya menjadi salah satu rahasia untuk mencapai hidup bahagia dan sehat secara alami. Olahraga sangat dianjurkan guna melancarkan peredaran darah serta memperlancar suplai oksigen yang menuju ke otak.

Olahraga ringan yang bisa kita lakukan pada pagi hari, antara lain adalah senam, skipping, jogging, yoga, bersepeda, atau berenang.

Tak kalah penting dengan olahraga, tubuh kita juga memerlukan istirahat yang cukup. Tubuh kita memerlukan istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh kembali prima, sehingga kita bisa lebih rileks dan siap menjalani aktivitas pada hari berikutnya. Kita disarankan untuk beristirahat selama 6-8 jam setiap hari.


2. Menerapkan pola makan yang sehat

Makanan adalah faktor penting demi kelangsungan hidup kita, dan telah menjadi kebutuhan primer/pokok manusia. Saat kita mengonsumsi makanan, yang lebih penting bukanlah kuantitas atau seberapa banyak yang kita makan. Kualitas makanan yang kita konsumsi lebih penting daripada kuantitas. Maka usahakan kita mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh kita lebih kebal dari berbagai macam penyakit yang membahayakan kesehatan.

Pastikan makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan gizi yang tinggi dan kaya akan nutrisi. Makanan-makanan seperti ikan segar, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan, sangat baik untuk tubuh kita.

Adapun jenis makanan yang sebaiknya kita jauhi adalah makanan yang mengandung pemanis, pengawet, dan zat pewarna berbahaya. Selain itu, makanan yang banyak mengandung minyak juga sebaiknya kita hindari.


3. Hindari stress dan kendalikan emosi

Selain kedua faktor yang telah disebutkan di atas, pengendalian emosi yang baik juga sangat menentukan pola hidup sehat. Semua orang memiliki amarah dan emosi, namun beruntunglah kita yang mampu mengendalikan emosi. 

Mengapa demikian? Sebab, ternyata gampang marah bisa meningkatkan produksi hormon adrenalin di dalam otak. Ini sangat berbahaya. Bila hal ini menjadi keterlanjuran, pikiran kita akan terbebani dengan stress berat.

Daaan, akhirnya kita akan lebih rentan terserang penyakit. Untuk menghindarinya, solusi paling tepat adalah hadapilah setiap permasalahan dengan tenang, dengan pikiran yang jernih, dan tidak mengedepankan emosi. 


4. Bersyukur 

Satu lagi kunci bahagia dan panjang usia, yaitu memperbanyak syukur kepada Tuhan Sang Pemberi Kehidupan. Rasa syukur menjadikan hati dan pikiran menjadi lapang menjalani segala kondisi. Dengan rasa syukur dan positif thinking, kita tidak akan mudah mengeluh yang justru malah membuat kita stress. Apapun dan bagaimana pun nikmat, kita syukuri.

Hati yang lapang akan memunculkan perasaan bahagia. Dan kebahagiaan akan menjadikan seseorang menjalani aktivitas dan pekerjaan dengan lebih bersemangat.

BACA JUGA: 10 CARA HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH

Demikian semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan.

4 Responses to "4 Cara Hidup Sehat Alami"

  1. suka sedih kalo baca hidup sehat dengan olahraga,, diri pribadi jarang olahraga soalnya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... kita bisa melakukan olahraga yang mudah dan ringan saja di rumah... yang penting adalah tetap kita lakukan meski hanya sebentar...

      Hapus
    2. justru itu, bawaannya selalu malas saja, padahal sendirinya udh tau, gampang, tapi tetap aja kalo udh males mah suka lupa dan mager hehe

      Hapus
    3. Hahaha... iya mas... itu tantangan terberatnya... yaitu males.. hihihi

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel