Jalan-Jalan ke Metro Stables, Tempat Para Penggemar Kuda di Bandungan Jawa Tengah

Jika Anda menggemari kuda, dan kebetulan tinggal di daerah Bandungan dan sekitarnya, Metro Stables adalah tempat yang asyik untuk dikunjungi. Metro Stables adalah tempat yang cocok untuk para penggemar kuda. 

Metro Stables letaknya ada di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan Jawa Tengah. Tepatnya ada di Jalan Langen Harjo no. 1 Tangaran, mungkin bagi Anda yang sudah pernah ke Green Valley, letak Metro Stables dekat dengan lokasi tersebut.


Rutenya begini, dari pertigaan Pasar Bandungan, ambillah jalan menuju arah Sumowono/Gedongsongo/Temanggung. Tidak jauh dari situ, kira-kira hanya 5 menit perjalanan dengan berkendara (asal tidak macet!) di kanan jalan sudah ada petunjuk bertuliskan Metro Stables. Jika Anda tidak menemukan petunjuk tersebut, bisa juga temukan petunjuk Green Valley. Atau, klik saja di Maps Google. Mudah sekali ditemukan.

Tempat ini cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu), dan untuk masuk ke dalamnya, kita cukup membayar Rp10.000,00 tiap orang. Anak-anak berusia lebih dari 3 (tiga) tahun, sudah dikenai tarif masuk. Tapi, kemarin kebetulan saya ke sana pas lagi sepi. Mungkin karena awal tahun (1 Januari 2019).


Apa menariknya Metro Stables ini? Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa tempat ini adalah tempat yang menarik bagi para penggemar kuda. Di sini terdapat beberapa istal (kandang kuda) yang berisi kuda-kuda yang bagus.

Kuda-kuda yang ada di sini ada yang merupakan kuda impor (luar negeri). Seperti yang kita tahu, kuda luar negeri ini memiliki postur badang yang besar, tinggi, bahkan anggun. Selain itu, tentu ada juga kuda-kuda lokal hingga kuda poni. Semuanya terawat dengan baik oleh para profesional.



Beberapa fasilitas yang ditawarkan Metro Stables

Selain melihat-lihat kuda dan berkeliling istal, pengunjung bisa juga mencoba naik kuda yang ada. Harga sewanya adalah Rp50.000,00 hingga Rp100.000, tergantung jenis kuda yang dipilih. Kalau tidak salah, harga Rp50.000,00 itu bila kita memilih kuda lokal atau kuda poni. Sedangkan untuk menunggang kuda impor, harga sewanya Rp100.000,00. Oya, harga tersebut untuk menaiki kuda selama 15 menit saja di sekitar lokasi.

Tidak perlu kuatir, tentu ada petugas yang akan mendampingi kita. Kecuali bila kita memang sudah bisa menunggang kuda sendiri.

Selain menunggang kuda, Metro Stables ini seringkali juga digunakan sebagai lokasi mengambil foto pre-wedding. Tarifnya Rp500.000,00 untuk mengambil foto Pre-Wedding selama dua jam (120 menit). Tapi kalau cuma jalan-jalan dan selfi-selfi pake kamera hape aja sih kemarin kami nggak dikenakan biaya tambahan!

Fasilitas lain, adalah Horse Boarding (jasa penitipan dan perawatan kuda). Jadi, misalnya bila kita punya kuda dan merasa cukup kerepotan mengurusnya, bisa dititipkanlah di Metro Stables. Di situ, kuda-kuda kita akan ditangani oleh para profesional yang sudah "paham bahasa kuda". Biayanya adalah Rp3.000.000,00/month (tiga juta rupiah per bulan).

Kita bisa juga jual beli dan tukar tambah kuda di Metro Stables.



Sayangnya, kemarin kami ke sana cuma sebentar saja. Boleh dibilang tak sebanding antara waktu tempuh perjalanannya ke sana (karena macettt!!!) dengan waktu menikmati suasananya di sana. Hal itu disebabkan saudara saya datang ke rumah, padahal saya baru aja sampai di lokasi. 

Yaah, bagaimana pun saya harus segera meluncur pulang ke Ambarawa. Untung kami lewat jalur alternatif sehingga nggak kena macet.

Namun, sebelum pulang, kami sempat ambil beberapa foto. Buat kenang-kenangan-lah sebelum pergi ke sana lagi. Diantaranya adalah foto-foto di bawah ini!

 

BACA JUGA: Celosia Happy and Fun Wisata yang Lagi Ngehits di Bandungan Kabupaten Semarang
Itu tadi catatan singkat jalan-jalan ke Metro Stables Bandungan kemarin. Sedikit saja tapi semoga bermanfaat bagi kita yang mencari alternatif jalan-jalan asyik di sekitar Bandungan Kabupaten Semarang.

Sampai Jumpa!!!

2 Responses to "Jalan-Jalan ke Metro Stables, Tempat Para Penggemar Kuda di Bandungan Jawa Tengah"

  1. kelihatannya pemandangan di area wisatanya asri ya...asyik nich kalau bisa sambil naik kudanya....merasakan seperti di film-film kolosal dahulu..hehehe

    BalasHapus
  2. Udara di sini cukup sejuk, Mbak Reezumiku. Kerna Bandungan termasuk pegunungan, dekat dengan Candi Gedong Songo (Lereng Ungaran).

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel