Membuat Anyaman oleh Siswa Siswi Kelas 3A SD Labschool Unnes

Hari ini siswa-siswi kelas 3A SD Labschool Unnes belajar membuat anyaman. Keterampilan menganyam merupakan keterampilan khas di negeri kita Indonesia. 

Di sekitar kita banyak sekali benda-benda yang dihasilkan dari proses menganyam. Antara lain dinding bambu, meja dan kursi dari anyaman bambu, kipas bambu, dan masih banyak lagi.

Keterampilan menganyam sangat asyik untuk kita pelajari bersama, dan sudah bisa mulai diajarkan ketika anak-anak duduk di bangku sekolah dasar. 

[Gambar sekadar ilustrasi]


Harapannya, kelak keterampilan ini bisa menjadi "bekal" yang berguna bagi anak-anak saat dewasa.

Oya, kegiatan ini dipandu oleh Bapak Perdana Wira Saputra, wali kelas 4B SD Labschool Unnes.

Berikut ini adalah proses kegiatan membuat anyaman di kelas kami tadi pagi, yang diunggah ke Channel Youtube oleh Mister Perdana.

[Video - Membuat Anyaman Bersama kelas 3A SD Labschool Unnes /Klik untuk Memutar]



Pelajaran menganyam hari ini cukup sederhana. Motif yang dihasilkan pun juga motif yang sederhana.

Bila "dasar-dasar" ini sudah berhasil dikuasai, ke depannya anak-anak akan bisa mencoba motif-motif anyaman yang lebih rumit lagi, sehingga dapat dihasilkan karya-karya dengan motif yang bervariasi.


Alat dan Bahan

Adapun alat-alat dan bahan yang digunakan untuk membuat anyaman adalah sebagai berikut:

1. Kertas anyaman

Kita bisa membuat kertas-kertas anyaman ini sendiri. Tetapi agar lebih mudah, kita bisa membeli kertas anyaman yang sudah jadi. Kertas ini bisa kita dapatkan/kita beli di toko-toko alat tulis.

2. Lem kertas

Lem kertas kita gunakan untuk mengunci anyaman agar tidak lepas dari bidang kerjanya.


Cara Membuat Anyaman

Langkah-langkah kerja atau cara membuatnya juga cukup mudah. 

Dalam bahasa Pak Perdana, beliau katakan "One in one out" wkwkwk... Masuk satu, keluar satu. Begitu terus menerus dengan selang-seling.

Maka motif yang dihasilkan adalah motif kotak-kotak.

Pada keterampilan selanjutnya, bila kita ingin membuat pola tertentu, seperti membuat bentuk rumah, bunga, atau membuat tulisan dengan anyaman, kita bisa berlatih sendiri di rumah.

Bisa juga kita pelajari bagaimana caranya dengan mengakses Youtube.com.




Bagaimana, mudah sekali bukan? Mari kita coba praktikkan di rumah maupun di sekolah bersama guru dan teman-teman. Pasti akan sangat mengasyikkan sekali yaaa.

Selamat mencoba dan berkreasi!
close