Latihan Qurban di Labschool Unnes Semarang 1437 H




Rabu, 14 September 2016, (12 Dzulhijah 1437 H) dalam rangka pembinaan keimanan dan ketaqwaan juga menyemarakkan hari raya qurban 1437 H, KB-TK-SD Labschool Unnes Semarang kembali menyelenggarakan latihan kurban di sekolah. Latihan penyembelihan hewan kurban di sekolah telah menjadi agenda rutin Labschool Unnes setiap tahunnya.

Rangkaian kegiatan latihan qurban di SD Labschool Unnes diawali pada pukul 07.30 WIB dengan berdoa bersama di kelas masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan hewan qurban di kebun belakang sekolah disaksikan oleh para siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Pada tahun ini, Alhamdulillah SD Labschool Unnes menyembelih hewan qurban sebanyak 5 ekor domba/kambing berkat partisipasi siswa, guru, dan karyawan mengumpulkan dana infaq untuk membeli hewan qurban tersebut.

Setelah penyembelihan hewan qurban, seluruh siswa, kecuali siswa kelas enamm, kembali ke Aula SD Labschool Unnes untuk mengikuti tausiyah hikmah hari raya qurban yang disampaikan oleh Ibu Kustimah Nurosyida selaku Guru Pendidikan Agama Islam. Dalam tausiyahnya, beliau mengajak siswa-siswi untuk meneladani ketaatan Nabi Ibrahim A.S, keshalehan Ismail, dan kesabaran Siti Hajar. 

Adapun siswa kelas enam tidak turut dalam tausiyah, melainkan bertugas membantu proses pemotongan hewan qurban, mencuci jeroan di sungai, hingga menimbang daging qurban dan mengemasnya dalam plastik.

"Namanya latihan qurban, jadi anak-anak kita upayakan mendapat pengetahuan baru mengenai tata cara penyembelihan hewan qurban, proses pemotongan, hingga membagikannya kepada warga sekitar. Ya, dengan cara melibatkan anak-anak dalam proses tersebut dengan dipandu atau dibimbing oleh bapak dan ibu guru," kata Bapak Suliyan Ahmad, Guru Pendidikan Agama Islam.

Sementara itu, segala puji bagi Allah SWT, rangkaian kegiatan latihan qurban di PAUD Labschool Unnes (KB-TK Labschool Unnes) yang turut melibatkan orang tua murid juga berjalan dengan lancar. Tahun ini, TK Labschool Unnes menyembelih sebanyak 8 (delapan) hewan qurban.

"Alhamdulillah, kita telah dimudahkan menjalankan amanah ini. Terima kasih kepada orangtua siswa yang telah berbagi kebaikan dan pahala dengan memberikan kepercayaan kepada kami, TK Labschool Unnes, untuk mengelola hewan qurbannya pada tahuun ini. Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada para muhsinin tersebut. Tak lupa terima kasih juga kepada guru, karyawan dan mahasiswa PPL UNNES yang telah berjibaku dalam kegiatan ini. poin utama adalah pengetahuan siswa tentang arti Hari Raya Idul Adha itu sendiri," kata Ibu Ismuwati, Kepala TK Labschool Unnes.
Pada akhir kegiatan, daging qurban yang terkumpul baik dari TK maupun SD Labschool Unnes kemudian dibagikan kepada warga, pondok pesantren, dan panti asuhan yang ada di sekitar Labschool Unnes.


Berikut ini adalah foto-foto dokumentasi kegiatan Latihan Qurban di Labschool Unnes Semarang tahun 1437 H. 








close