Berkunjung ke Robotika UGM - Field Trip SD Labschool Unnes

Ratusan siswa SD Labschool Unnes berkunjung ke Komunitas Gadjah Mada Robotik Team (GMRT), Sabtu, 6 Oktober 2018. Kunjungan itu merupakan rangkaian dari Kegiatan Field Trip Luar Kota SD Labschool Unnes.

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana kegiatan field trip identik dengan kegiatan outbond, kunjungan ke komunitas Robotika ini lebih bertujuan untuk membuka wawasan sekaligus menginspirasi siswa-siswi dalam berkreasi.

Hal itu disampaikan oleh Andika Ratno Sukiyawan, selaku ketua panitia kegiatan field trip.

"Setelah berkunjung dan melihat karya-karya teman-teman di UGM, kami berharap anak-anak akan terinspirasi. 'Oh, ternyata keren yaaa, aku ingin bisa membuat robot'. Dan selanjutnya, anak-anak pun akan termotivasi untuk terus belajar dan mengasah keterampilan mereka, sehingga bisa juga menghasilkan karya terbaik seperti kakak-kakak mahasiswa di UGM," tuturnya.







Selama berkegiatan bersama Komunitas GMRT Fakultas Teknik itu, anak-anak terlihat sangat antusias menyimak penjelasan dari kakak-kakak mahasiswa. Para siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan belajar apa saja komponen penyusun robot-robot keren itu.

"Tahu nggak, kenapa robot bisa bergerak sendiri?" tanya salah seorang mahasiswa, sambil menunjukkan "robot sumo" kepada anak-anak.

"Karena ada sensornya!" jawab Ikhsan, siswa kelas 3 SD Labschool Unnes.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan demonstrasi robot. Anak-anak melihat beberapa robot karya Komunitas GMRT, antara lain: Robot Tari, Robot Pemadam Kebakaran, hingga Robot yang dirancang untuk bertanding sepakbola.

Tepuk tangan dan teriakan begitu bergemuruh ketika "Robot Sepak Bola" unjuk kebolehan, si robot berhasil menendang, meskipun yang ditendang bukan sebuah bola melainkan sebuah isolasi. hehehe. Bila dia terjatuh pun, robot tersebut juga bisa berdiri sendiri.

Kegiatan di UGM diakhiri dengan tanya jawab dan pembagian doorprise. 

"Jika kamu bisa membuat robot, robot apa yang akan kamu buat?"

Cerah, siswa kelas 5 maju ke depan dan menjawab, "Aku ingin membuat robot yang bisa melakukan aktivitas apa pun ketika aku sedang saangat capek."

Tapi tanpa diduga, seorang siswa menyeletuk, "Kalu begitu, itu namanya 'Robot Pembantu'!"

Tawa bergemuruh seisi ruangan tersebut.

Di akhir kunjungan tersebut kami mendapatkan pelajaran penting, yaitu:

"SEBAGUS-BAGUSNYA ROBOT, SECANGGIH-CANGGIHNYA, JANGAN SAMPAI ROBOT ITU MEMBUAT KITA JADI MALES NGAPA-NGAPAIN, JANGAN SAMPAI JUSTRU MEMBUAT KITA MALES BELAJAR!"

Kegiatan pun diakhiri dengan foto bersama. Dan perjalanan kami pun berlanjut ke destinasi wisata selanjutnya yaitu Taman Pintar Yogyakarta. Salah satu tempat wisata edukatif yang sangat menarik. Kami berada di sana hingga lepas asar.

Anda bisa baca tulisan pengalaman dan kesan anak-anak ketika mengikuti field trip di tautan ini:
Menulis Cerita Pengalaman Siswa Berkunjung Ke Robotika UGM dan Taman Pintar




Kemudian, tak lupa kami singgah ke Pusat Oleh-Oleh, makan malam di Rumah Makan Pringsewu Sleman, dan bertolak kembali ke Semarang.

Alhamdulillah, secara keseluruhan kegiatan berlangsung aman, lancar, tanpa halangan berarti. Yang terpenting adalah anak-anak semuanya gembira, tetap sehat, dan semoga kita semua bisa mengambil manfaat pelajaran dari kegiatan ini.

Terima kasih untuk Komunitas Gadjah Mada Robotic Team, Seluruh Guru dan Karyawan SD Labschool Unnes, Orang Tua siswa, dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.


Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan kita selanjutnya, tetap semangat, dan jangan behenti belajar.
Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon