Macam-Macam Pengelompokan Hewan (Pelajaran IPA Sekolah Dasar)

Pada bab ini kita akan belajar mengenai macam-macam pengelompokan hewan, yaitu berdasarkan tempat hidupnya, penutup tubuhnya, alat geraknya, dan berdasarkan cara perkembangbiakannya.

Bab ini akan melengkapi bab sebelumnya, yaitu pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. (BACA JUGA: Pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya)



Pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya, hewan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu sebagai berikut ini

1. Kelompok hewan yang hidup di darat, misalnya adalah cacing tanah, ayam, singa, harimau, belalang, dan sebagainya.

2. Kelompok hewan yang hidup di air, baik di air tawar, air laut, maupun air payau. Contoh hewan misalnya adalah ikan, gurita, cumi-cumi, udang, dan lain-lain.

3. Kelompok hewan yang hidup di air dan di darat, sebagai contoh adalah buaya dan katak yang bisa hidup baik di dalam air maupun di darat.


Pengelompokan hewan berdasarkan penutup tubuhnya, hewan dibagi menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut ini

1. Hewan berambut, tubuhnya ditutup oleh rambut (biasanya adalah kelompok mamalia) sebagai contoh adalah hewan kera, kambing, sapi, singa, harimau, kelinci, dan lain sebagainya

2. Hewan berbulu, tubuhnya ditutup oleh bulu (biasanya adalah kelompok burung) sebagai contoh adalah ayam, burung, itik, bebek, dan lain-lain

3. Hewan bersisik, tubuhnya memiliki sisik (beberapa di antaranya adalah dari kelompok ikan dan reptilia) sebagai contoh adalah ikan, trenggiling, dan ular.

4. Hewan berlendir, biasanya tubuhnya juga licin, contoh hewan dari kelompok ini adalah belut, cacing, lele, dan lain-lain.


Pengelompokan Hewan berdasarkan alat geraknya, hewan dibagi menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut ini.

1. Kelompok hewan yang bergerak dengan menggunakan kaki, sebagai contohnya adalah kelinci, kucing, singa, kambing, sapi, kuda, dan lain-lain.

2. Kelompok hewan yang bergerak dengan menggunakan sayap, (biasanya dari jenis burung dan serangga), sebagai contoh hewannya adalah nyamuk, lebah, burung, belalang.

3. Kelompok hewan yang bergerak dengan menggunakan perut, misalnya adalah hewan ular dan bekicot

4.  Kelompok hewan yang bergerak dengan menggunakan perut dan kaki, sebagai contoh misalnya adalah buaya, kadal, dan tokek.


Pengelompokan Hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya, hewan dibagi menjadi tiga kelompok hewan, yaitu sebagai berikut ini

1. Ovipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur, contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah itik, ikan, penyu, ayam, dan sebagainya

2. Vivipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan atau juga disebut beranak, contoh hewan dalam kelompok ini adalah singa, paus, kelelawar, lumba-lumba, gajah, kambing, kanguru dan sebagainya

3. Ovovivipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus beranak, sebagai contohnya adalah beberapa jenis ular dan kadal.

***
Demikianlah macam-macam pengelompokan hewan dilihat dari cara perkembangbiakannya, berdasarkan alat geraknya, berdasarkan tempat hidupnya, dan berdasarkan penutup tubuhnya.


Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
terima kasih
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Himawan sant
AUTHOR
12 September 2018 18.13 delete

Jadi teringat pelajaran yang paling aku favoritkan, IPA-Biologi.
Karena aku suka banget pengetahuan tentang alam, makhluk hidup dan jenis2nya nilaiku di pelajaran ini paling tinggi dibandingkan dengan mata pelajaran sekolah yang lainnya.

Reply
avatar
13 September 2018 08.21 delete

Biologi menyenangkan mas Tapi waktu udah SMA, Biologi ku jelek-jelek nilainya. hehe

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon