Berapa Harga Blog Saya?

Berapa sih harga blog saya kalau suatu saat akan saya jual? Lalu, bagaimana cara mengetahui harga blog ini bila suatu saat saya jual?

Sebenarnya tidak ada rencana bagi saya untuk menjual blog saya ini. Kalau pun saya ingin tahu berapa harga blog saya ini, itu cuma sekadar menjawab rasa penasaran saya aja.

Ternyata, ketika saya cek harga blog ini pada hari ini Selasa, 4 September 2018, harga blog saya ini senilai Rp 61.734.934,00. Enam puluh satu juta tujuh ratus tiga puluh empat ribu Sembilan ratus tiga puluh empat rupiah.





Bagaimana saya mengecek harga situs tersebut?

Pertama saya masuk ke situs ceksite.com, situs yang memang berfungsi untuk memeriksa/mengecek harga situs dan domain. 

Di situ sudah tersedia kotak besar, kotak Kalkulator Harga Website (Estimasi harga website dan domain).

Langkah selanjutnya adalah, kita tinggal memasukkan URL/alamat situs yang hendak kita cek berapa harganya. Misalnya, di situ sudah tersedia contoh yaitu detik.com.

Langkah selanjutnya, sebelum kita klik HITUNG, kita harus memasukkan kode yang tersedia pada kotak kecil di bawahnya. 

Bila kode yang tersedia terlalu sukar untuk kit abaca, kita bisa mengeklik AMBIL KODE BARU untuk mendapatkan kode lain.

Barulah kita klik HITUNG, dan muncullah estimasi harga situs yang telah kita periksa tadi.

Estimasi Data Analitik

Selain muncul harga estimasi website, ternyata bila kita scroll ke bawah, muncul juga Estimasi Data Analitik (Estimated Data Analytics).

Data analitik tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yaitu analitik harian, analitik bulanan, dan analitik tahunan.

Apa saja yang dijelaskan di dalam data analitik tersebut? Data analitik yang ditunjukkan di situ di antaranya adalah Pengunjung Unik (Unique Visitors), Jumlah Kunjungan Halaman (Pageviews), dan Pendapatan dari iklan (ads revenue).

Selain itu, ada juga data statistik umum, statistik blog di mesin pencari (search engine), statistik blog di situs-situs media sosial seperti facebook, peringkat blog di alexa rank, dan lain-lain.

Terakhir, kita juga bisa kok menunjukkan harga blog kita ini dengan memasang script kode yang tersedia di akhir halaman. Klik GET CODE untuk mendapatkan kode html tersebut.

Selanjutnya script kode itu bisa kita pasang di blog kita, bila kita mau, dan pengunjung akan tahu berapa harga blog kita. 

***
Situs ceksite.com hanyalah satu dari banyak situs penghitung estimasi harga website. Banyak lagi situs serupa yang bisa kita gunakan untuk memeriksa harga website kita.

Yah, sekali lagi, meskipun kita tahu bahwa kita tidak akan menjual blog kita ini. Namun, tidak ada salahnya bila kita tahu harga website kita. Karena semakin tinggi/mahal situs blog kita, hal itu berarti situs kita semakin bagus, mungkin dari segi konten, tampilan, dan lain-lain.


Demikianlah post kita kali ini tentang cara mengecek harga situs website atau blog.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon