6 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dilakukan Seorang Guru

Profesi guru adalah pekerjaan yang mulia. Dari tangan seorang guru lahirlah insan-insan cendekia, generasi penerus bangsa yang kelak akan berguna, juga para pemimpin di masa depan.

Sayangnya, bukan rahasia lagi kalau para guru tidak semuanya sejahtera secara finansial atau material.

Tidak sedikit guru, apalagi guru-guru honorer, yang bahkan sudah puluhan tahun mengabdi untuk negeri, mereka masih jauh dari kata sejahtera.

Oleh sebab itu, bukan maksud kami untuk mengecilkan jasa mereka. 

Akan tetapi di sini akan kami sajikan beberapa alternatif pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang guru guna meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Dan inilah pekerjaan sampingan bagi seorang guru.


Pekerjaan Sampingan Bagi Seorang Guru


1. Membuka Bimbingan Belajar atau Menjadi Guru Les

Pekerjaan ini banyak dilakukan oleh para guru untuk menambah penghasilan mereka. 

Memberikan bimbingan belajar di luar jam sekolah, secara matematis tentu tidak sulit dilakukan seorang guru. Sebab, dalam keseharian mereka sebagai seorang guru tentu berkutat dengan materi pelajaran tersebut.

Materi bimbingan belajar yang diberikan tinggal disesuaikan dengan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh guru tersebut.

Misalnya: Seorang guru dari disiplin ilmu matematika bisa memberikan les atau bimbingan belajar matematika, mulai dari tingkat dasar hingga SMA.

Begitu pula, seorang guru dari disiplin ilmu KIMIA, misalnya, dia bisa memberikan les pelajaran kimia.


2. Menulis Buku

Menjadi seorang penulis adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan dan bisa dilakukan oleh seorang guru.

Banyak guru yang sukses dan mendapatkan keuntungan material dengan menulis buku, yang bahkan jauh lebih banyak dibandingkan gaji yang diterimanya sebagai seorang guru.

Buku yang ditulis misalnya adalah buku pengayaan, buku ajar, buku referensi, maupun buku fiksi seperti kumpulan cerpen atau kumpulan puisi.

Meskipun begitu, harus diingat bahwa menulis merupakan suatu keahlian tersendiri yang tidak semua orang bisa melakukannya. 

Keahlian menulis tersebut bisa diraih dengan mempelajari hal-hal terkait teknik penulis, serta terus praktik secara kontinyu berlatih mengasah kemampuan menulisnya.


3. Pembuat Alat-Alat Peraga Pendidikan, Media Belajar, atau Perangkat Pembelajaran Lainnya

Seorang guru yang hebat dan kreatif, tidak jarang dari tangannya muncul alat-alat peraga pendidikan yang sangat bermanfaat bagi aktivitas belajar dan mengajar di kelas.

Umpamanya adalah media belajar berupa video pembelajaran interaktif, dan sebagainya.

Harganya tentu tidak murah untuk sebuah ide kreativitas.

4. Membuka Toko/Berdagang

Pekerjaan sampingan lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang guru adalah berdagang atau membuka toko.

Besar dan kecil toko tergantung dari berapa modal usaha yang dimiliki.

Berdagang juga bisa dilakukan secara online. Tentang bagaimana kiat-kiat berdagang secara online, bisa kita pelajari sendiri di luar tulisan ini.


5. Beternak

Belakangan ini marak ternak burung love bird. Bagi guru yang juga hobi memelihara burung, tentu hal ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan.

Jadi, di dalam hobi atau kesenangannya akan burung love bird, seorang guru bisa mendapatkan penghasilan dari situ.

Beternak burung love bird tentu saja merupakan contoh kecil usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang guru.

Contoh lain adalah beternak ikan, baik ikan hias maupun ikan yang bisa dikonsumsi seperti lele dan ikan air tawar lainnya. 

Mana yang lebih memungkinkan untuk dilakukan, karena beternak selain memerlukan modal usaha juga acapkali memerlukan lahan yang cukup. Misalnya beternak ayam, bebek, dan sebagainya.


6. Penulis Blog/Blogger

Alternatif pekerjaan sampingan yang ke enam ini sebenarnya berhubungan dengan dunia tulis menulis, sebagaimana point dua di atas.

Bedanya adalah, menulis di blog cenderung lebih fleksibel dilakukan daripada menulis buku.

Menulis blog hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat menulis seperti komputer PC atau laptop. Bahkan menulis blog bisa dilakukan dengan menggunakan HP/ponsel.

Lalu, darimana penghasilan menulis blog didapatkan? Ya, tidak semua blog atau website bisa menghasilkan uang. 

Blog bisa menghasilkan uang apabila bekerjasama dengan program iklan misalnya Google Adsense, dan program periklanan lainnya, setelah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Biasanya, blog yang ditulis membahas satu tema spesifik atau khusus. 

Contohnya, seorang guru sejarah membuat blog/website yang khusus membahas tentang sejarah, baik sejarah nasional, internasional, maupun sejarah populer.


Itulah tadi 6 Pekerjaan Sampingan yang cocok dilakukan oleh seorang guru. Tentu saja masih banyak pekerjaan sampingan lain yang bisa dilakukan. Jenis-jenis pekerjaan yang kami sebutkan di atas hanyalah sekadar contoh. Hal yang perlu kita catat adalah, apapun pekerjaan kita yang penting adalah halal dan kita lakukan dengan semangat dan tulus ikhlas.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
3 September 2018 21.41 delete

Pekerjaan sampingan bisa dijadikan alternatif bagi siapa saja, salah satunya adalah guru. Tapi tetap gak jauh dari ruang lingkup pendidikan. Di tempat tinggal saya ada guru yang buka usaha toko yang menyediakan berbagai keperluan alat tulis kantor. Terus ada juga guru yang nyambi buka usaha les di rumah. Ternyata memang hasilnya cukup menjanjikan.

Dan teman-teman blogger juga banyak yang berprofesi sebagai guru, salah satunya ya ini, yang nulis artikel ini, hehehe.... mantap

Reply
avatar
4 September 2018 07.15 delete

Hehe, terima kasih, Mas Hendra.

Kita mengenal kalimat: Ora ubet ora ngliwet (bahasa Jawa) yang artinya Tidak aktif berusaha maka tidak menanak nasi.

Reply
avatar
Himawan sant
AUTHOR
18 September 2018 10.57 delete

Aku kagum dengan sosok guru, terutama yang kalem dan ngemong.
Kalau yang killer ... nggaaa ... hahaha
Eh, kok aku jadi bahas personality pengajar. Maaf ya kebablasan 😁

Profesi guru kadang membuatku nyesel kenapa dulu aku ngga ambil jadi pengajar saja kayak mas Rifan dan beberapa teman blogger yang juga pengajar ...
Waktu luangnya lebih banyak dan kalau liburan sekolah bisa punya banyak waktu

Ngga kerja kayak aku, jam kerja panjang juga sulit membagi waktu untuk kerja sampingan.

Reply
avatar
18 September 2018 15.40 delete

Wah iya mas... cuman jadi guru kadang pekerjaan sekolah seperti ngoreksi dan membuat soal untuk ujian anak-anak acapkali juuga dibawa pulang ke rumah... hehehe

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon