[VIDEO] Membuat tabel menggunakan microsoft office word

Membuat tabel menggunakan microsoft office word



Pengertian dan Fungsi Tabel

Tabel bisa diartikan sebagai data yang berisi ringkasan/ikhtisar sejumlah data informasi. Biasanya tabel berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun rapi, bersistem, urut ke bawah dalam kolom dan barus tertentu, disertai dengan garis pembatas [kotak-kotak] sehingga mudah untuk disimak.

Adapun fungsi tabel, sesuai dengan pengertiannya, adalah dari sisi penulis berguna untuk mendukung penulis dalam menyampaikan gagasan, ide, berdasarkan data sehingga lebih meyakinkan pembaca atau penyimak. Sedangkan fungsi tabel bagi pembaca adalah untuk mendapatkan informasi secara lebih mudah.

Langkah-langkah Membuat Tabel dengan Microsoft Word

Membuat tabel bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan program microsoft office word. Pada contoh berikut ini, kami menggunakan office word 2007. Sebelumnya, kita telah belajar Mengenal Menu dan Ikon pada microsoft word. (klik tautan di samping untuk membacanya)

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat tabel menggunakan microsoft word:

1. Kita buka program microsoft word dan tuliskan judul tabel. Misalnya: Data Siswa Kelas 3A SD Merah Putih

2. Pergi ke tab menu "insert" >> "table". Selanjutnya sisipkan tabel dengan jumlah baris dan kolom sesuai keinginan Anda.

3. Kita bisa atur jarak kolom di dalam tabel dengan cara klik dan tahan (hold), dan geser hingga mencapai ukuran kolom yang diingingkan. (lihat video tutorial).

4. Kita juga bisa mengatur jarak spasi antar baris dengan cara klik pada tab "MENU" >> "Paragraph" >> ; Line Spacing >> ; Line Spacing Option

5. Aturlah jarak spasi antarbaris pada tabel sesuai keinginan Anda. Pada contoh yang saya buat, saya mengatur "before spacing" dan "After Spacing" dengan 0 pt. Sedangkan line spacing saya pilih 1,5 lines.

5. Kita bisa mulai mengetikkan isi tabel seperti biasa.

6. Bila kita ingin menambahkan kolom, kita bisa klik kalan di sebelah kolom yang diinginkan, kemudian klik "insert colum to the right" misalnya. Atau di mana tempat yang kita inginkan.

7. Bila kita ingin memberi warna pada baris header tabel, kita bisa menyorot semua bagian baris tabel, kemudia menuju ke "borders and shading" dan pilih warna yang kita inginkan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak video tutorial sederhana yang saya unggah di channel youtube saya di bawah ini.


[VIDEO: Klik untuk memutar video]

Penutup

Demikianlah tutorial sederhana tentang cara membuat tabel menggunakan program microsoft office word 2007. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Mohon maaf bila terdapat banyak kekeliruan atau kekurangakuratan.

Terima kasih.

Sampai jumpa lagi.
www.rifanfajrin.com
Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon