Membuat Gambar Kolase bersama Fabercastel dan Lem UHU

Jumat, 27 Juli 2018

Hari ini anak-anak sedang bergembira. Sebab, pada hari ini di sekolah sedang ada kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan. Kegiatan tersebut adalah Lomba Membuat Gambar Kolase khusus untuk kelas 3 dan kelas 4. Lomba tersebut diadakan di sekolah kami, SD Labschool Unnes,  bekerjasama dengan Fabercastel dan Lem UHU.

Bagi teman-teman yang belum tau apa itu kolase, kalian bisa mencari tahu apa itu kolase di artikel yang pernah saya tulis di blog ini. (Klik saja : Pengertian Kolase dan cara membuat kolase dari koran bekas).

Gambar kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi.  Secara sederhana, kolase bisa diartikan sebagai komposisi artistik yang dibuat dengan cara menggunting dan menempel, yang dibuat dari bahan-bahan seperti potongan-potongan kertas warna-warni, koran bekas, kapas, biji-bijian, potongan kayu/stik es krim, batang korek api, kaca, dan sebagainya. Yang penting adalah bahan-bahan tersebut tidak berbahaya.

[Video: Siswa kelas 3A Membuat Gambar Kolase]

Dalam praktiknya kemarin, selain menggunting dan menempel, anak-anak juga menambahkan warna menggunakan crayon, spidol, atau pensil warna agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih indah dan menarik.

Selama lebih kurang dua jam, dengan riang gembira mereka menyelesaikan gambar kolase yang telah disediakan. Beberapa anak berhasil menyelesaikan lebih cepat, ada juga siswa yang hampir saja tidak selesai.

Setelah gambar kolase selesai dibuat, kita bisa memberi bingkai atau pigura agar gambar karya kita itu menjadi lebih menarik dan lebih bagus dilihat.

Setelah itu, kita bisa memasangnya sebagai hiasan di tempat-tempat yang kita inginkan. Kita bisa memasangnya di dinding kelas sebagai hiasan dinding, atau menempelnya di rumah. 

Beberapa ruang di rumah yang cocok untuk menempel karya adalah di ruang tamu agar orang yang berkunjung di rumah juga bisa melihat, atau bisa juga kita menempelnya di kamar kita sendiri. :)

Nah, demikianlah kegiatan kami kemarin, yaitu membuat gambar kolase. Bagaimana, mudah bukan?Kalian juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. 

Bagi teman-teman yang tertarik dan ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa digunakan:

  1. Gambar yang belum diwarnai
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Kertas warna-warni, kapas, stik es krim, batang korek api,biji-bijian, dan sebagainya
  5. Crayon, pensil warna, atau spidol
  6. Bingkai atau pigura
Cara Membuat Kolase:
  1. Siapkan gambar
  2. Gunting beberapa bahan menjadi bagian kecil-kecil 
  3. Rekatkan/tempel beberapa bahan tersebut menggunakan lem ke gambar yang telah disiapkan tadi
  4. Tambahkan warna agar gambar menjadi lebih menarik
  5. Tambahkan bingkai pada gambar kolase yang telah selesai dikerjakan
Demikian,. semoga bermanfaat.

Dan inilah hasil gambar kolase karya anak-anak kelas 3 SD Labschool Unnes kemarin.


SELAMAT MENCOBA
SEMOGA MENYENANGKAN

WWW.RIFANFAJRIN.COM



Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon