Catatan Perjalanan Field Trip SD Labschool Unnes ke Tlatar Boyolali

rifanfajrin.com - Catatan Perjalanan Field Trip SD Labschool Unnes ke Tlatar Boyolali


Sabtu, 8 Oktober 2016, SD Labschool Unnes mengadakan Field Trip ke Ekowisata Taman Air Tlatar, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Field Trip merupakan kegiatan belajar sekaligus bermain di alam terbuka. Field Trip ke luar kota (luar kota Semarang) ini merupakan agenda tahunan SD Labschool Unnes yang bertujuan untuk untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kekompakan, mengasah ketangkasan, dan juga menambah pengetahuan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SD Labschool Unnes kelas 1, 3, dan 5 dengan didampingi oleh Bapak dan Ibu Guru serta orang tua siswa.

Bagi saya, ini adalah Field Trip ke-4 yang saya ikuti sejak menjadi bagian dari keluarga besar Labschool Unnes sebagai guru. Field Trip pertama dan kedua yang saya ikuti, yaitu tahun 2013 dan 2014, diadakan di Agrowisata Amanah, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Adapun tahun lalu (2015), kami mengadakan Field Trip ke Kebun Binatang Gembira Loka, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Hanya saja, berbeda dengan field trip yang lalu, pada field trip ke Tlatar ini saya tidak menjadi wali kelas. Selama ini saya selalu menjadi wali kelas, dua kali menjadi wali kelas 5 (lima) dan satu kali menjadi wali kelas 3 (tiga). Rasanya seperti ada yang kurang sih, tapi nggak apa-apa, tugas saya (rasa-rasanya) menjadi lebih ringan. Hehehe. Saya dikasih tugas oleh Bu Sari Mahfiroh (ketua panita) untuk mendampingi kelas lima selama mengikuti rangkaian kegiatan Outbond sekaligus bertugas mendokumentasikan kegiatan anak-anak kelas lima itu.

Ah gampang, pikir saya. Foto dokumentasi kegiatan pasti banyak. Secara, (terutama) ibu-ibu guru kita ini kan suka foto-foto. Jadi saya tinggal minta saja hasil foto-foto yang bagus dari beliau-beliau ini. Meskipun demikian, saya tetap jagan-jagan dengan membawa kamera poket (kesayangan) yang dulu waktu kuliah saya beli secara patungan dengan Rifai, kembaran saya. xexexe.

Kami sampai di lokasi kira-kira pukul setengah sepuluh pagi. Hawa yang dingin, cuaca yang sedikit mendung menyambut kedatangan kami. Kami segera bergegas mempersiapkan diri untuk mengikuti Outbond bersama para trainer. Anak-anak dibagi menjadi tiga kelompok besar berdasarkan kelas masing-masing, yaitu kelas 1, 3, dan 5. Sementara itu, di gazebo sana, Mister Mukhlas (Kepala Sekolah Dasar Labschool Unnes) didampingi oleh Ibu Sari Mahfiroh dan Bu Istika Ramadhani, mengadakan sarasehan, bincang mesra bersama bapak dan ibu wali murid.

Meskipun diiringi gerimis kecil, anak-anak betul-betul bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan. Kegiatan tersebut antara lain: Menanam Padi, Memberi Makan Ikan, Memandikan Kerbau, Meniti Tali, dan Fling Fox. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengasah kekompakan di dalam tim seperti kegiatan Memindahkan Gelas dengan Sehelai Kain, permainan Jembatan Penyeberangan, Menangkap Ikan, dan lain-lain.

Selama mendampingi anak-anak, saya sempat ngobrol sama Mister Ilham Taqdir. Oya, Mister Ilham ini bertugas mendampingi kegiatan anak-anak kelas 3. AKan tetapi karena lokasi outbond tidak terlalu luas, maka kami sering berpapasan dan tak jarang bisa ngobrol santai. 

Nah, saya bilang ke Mister Ilham, "Pak, permainan-permainan seperti itu ternyata disukai anak-anak ya, Pak. Alat-alat yang digunakan pun sederhana betul!" 

"Iya, Pak. Kadang kita nggak kepikiran. Maka itulah mahalnya ide kreativitas," jawab Mister Ilham.

Saya mengangguk saja. Lalu membatin, sebenarnya sih karena kami "kurang piknik" saja, terlalu males untuk mencari informasi tentang permainan-permainan yang sarat dengan muatan edukasi, merangsang kreativitas, memupuk kebersamaan dan kekompakan antarteman, dan latihan untuk memecahkan masalah bersama (problem solving). Tentu saja permainan-permainan itu sudah ada semua di internet! Lengkap dengan gambarnya, vidionya, cara mainnya! Wadduh... 

Kembali ke outbond, ngomong-ngomong, kemarin itu untuk pertama kalinya saya mencoba main Flying Fox, hihihi. Ternyata cuma gitu-gitu aja... tapi kalau ditawari untuk coba lagi, Insyaalloh saya mau. Apalagi kalau gratis. Hihihi.

Berikut ini adalah foto-foto dokumentasi kegiatan Field Trip SD Labschool Unnes ke Tlatar Boyolali.
(Foto-foto ini saya ambil dari Facebook Labschool Unnes)





Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon