Daur Hidup Hewan Nyamuk

Ada lebih dari 3500 spesies yang berbeda dari nyamuk di seluruh dunia. Semua nyamuk memerlukan air yang digunakan untuk melengkapi siklus hidup mereka. Air ini dapat berkisar dalam kualitas dari air lelehan salju hingga air limbah. Jenis air di mana larva nyamuk ditemukan dapat membantu mengdentifikasi spesies nyamuk.


Nyamuk dewasa juga menunjukkan preferensi yang sangat berbeda untuk jenis tempat mereka bertelur. Mereka bertelur di tempat-tempat seperti seperti lubang pohon yang secara berkala menjadi kolam air, air pasang di rawa-rawa garam, kolam limbah, kolam air hujan dll. Oleh karena itu Setiap spesies memiliki persyaratan lingkungan yang unik untuk siklus hidupnya.

Kebiasaan makan nyamuk cukup unik karena hanya betina dewasa yang menggigit manusia dan hewan lainnya. Nyamuk jantan hanya memakan sari-sari tumbuhan. Beberapa nyamuk betina memilih untuk makan/minum darah hanya pada satu jenis binatang dan beberapa dapat makan pada berbagai hewan. Nyamuk betina minum darah manusia, hewan peliharaan, seperti sapi, kuda, kambing, dll, semua jenis burung termasuk ayam, semua jenis binatang liar, termasuk rusa, kelinci, dan mereka juga meminum darah ular, kadal, katak, dan lain-lain.
 Telur-Telur Nyamuk

Kebanyakan nyamuk betina harus mendapatkan darah yang cukup sebelum ia dapat bertelur. Jika mereka tidak mendapatkan makanan darah ini, maka mereka akan mati tanpa bertelur yang layak. Namun, beberapa spesies nyamuk telah mengembangkan cara untuk bertelur yang layak tanpa mendapatkan makan darah.

Kebiasaan terbangan dari nyamuk juga tergantung pada spesies nya. Sebagian besar spesies domestik tetap berada cukup dekat dengan titik asal mereka sementara beberapa spesies dikenal karena kebiasaan migrasi mereka yang sering jauh dari tempat mereka berkembang biak. Rentang penerbangan untuk betina biasanya lebih lama daripada jantan. Sering kali angin merupakan faktor dalam penyebaran atau migrasi nyamuk. Kebanyakan nyamuk tinggal dalam satu atau dua mil dari sumber mereka. Namun, beberapa spesies telah tercatat berada sejauh 75 mil dari sumber perkembangbiakan mereka.


 Larva dan Pupa

Panjang kehidupan nyamuk dewasa biasanya tergantung pada beberapa faktor: suhu, kelembaban, jenis kelamin nyamuk dan lain-lain. Kebanyakan jantan hidup dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu minggu, dan betina hidup sekitar satu bulan tergantung pada faktor-faktor di atas.


 Kelahiran Nyamuk Dewasa dari Pupa

 Hanya nyamuk dewasa betina yang makan darah
close