Membaca Pemahaman

rifanfajrin.com - Pengertian Membaca Pemahaman


rifanfajrin.com


Pada pembahasan sebelumnya, kita telah memahami pengertian membaca (baca Pengertian membaca). Pada artikel kali ini, kita akan membahas pengertian membaca secara lebih spesifik, yaitu "Membaca Pemahaman". Mari kita simak bersama.


Membaca pemahaman sering disebut dengan istilah membaca cermat atau membaca intensif. Menurut Bond dkk. (dalam Kharas dkk. 1990:42), membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan penafsiran yang memadai terhadap makna-makna yang terkandung di dalam lambang-lambang tulis. Sasaran utamanya adalah menghasilkan pembaca yang efektif.

Pembahasan pertama tentang membaca pemahaman datang kita awali dari Henry Guntur Tarigan (H.G. Tarigan). Menurut Tarigan (1997:56), membaca pemahaman adalah sejenis membaca yang merupakan rincian membaca yang bertujuan memahami standar-standar atau norma-norma kesusasteraan (literary standars), resensi kritis (critical review), drama tulis (printed drama), dan pola-pola fiksi (pattern of fiction).

Selanjutnya, senada dengan Tarigan, menurut Djojosuroto (2006:69), membaca yang dimaksudkan untuk memahami makna atau pesan penulis melalui teks yang ditulisnya dinamakan membaca pemahaman (reading comprehension). Kecermatan dan ketepatan dalam memahami pesan komunikasi sangat penting agar dapat dicapai pemahaman terhadap pesan komunikasi tersebut sebagaimana yang dikehendaki penulis.

Sementara itu, Tampubolon (dalam Asnawi 2008:2) menyebutkan bahwa membaca, terutama membaca pemahaman bukanlah sebuah kegiatan yang pasif. Sebenarnya, pada peringkat yang lebih tinggi, membaca itu bukan sekedar memahami lambang-lambang tertulis, melainkan pula memahami, menerima, menolak, membandingkan dan meyakini pendapat-pendapat yang ada dalam bacaan. Membaca pemahaman inilah yang dibina dan dikembangkan secara bertahap pada sekolah.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca pemahaman adalah membaca untuk memahami isi bacaan. Tujuan dalam membaca pemahaman adalah untuk menyerap isi bacaan secara mendalam dan memahami makna yang terkandung dalam bacaan atau gagasan yang disampaikan penulis.

Masih banyak lagi beberapa pengertian membaca pemahaman menurut para ahli.

Semoga bermanfaat,
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon