Ayo Main Gobak Sodor!


Dalam program Kamis Pagi kemarin, saya dan bu Ika mengajak murid-murid 3A dan 3B untuk bermain Gobak Sodor Bersama.

Anak-anak sangat senang memainkannya. Meskipun pada permainan kemarin anak-anak tidak terlalu ketat menerapkan aturan-aturannya. Hehehe. Maklum masih latihan.
  
Permainan Gobak Sodor atau juga disebut Galah asin, atau galasin, adalah sejenis permainan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Permaianan ini adalah permainan grup, bukan permainan individu. Untuk memainkannya perlu dibentuk dua grup/tim, yang masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan ini bisa dimainkan di lapangan yang tidak terlalu butuh tempat luas. Bisa dimainkan di lapangan bola voli, bulu tangkis, atau tanah lapang biasa yang telah dibuat acuan garis-garis yang ada. Pada intinya lapangan akan dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian diberi tanda dengan menabur kapur atau dengan membuat garis tanda dengan tali tambang.

Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.

Permainan tradisional di sekolah kami memang sedang hendak digalakkan lagi. Di tengah maraknya games-games modern saat ini, kami merasa perlu untuk mengajarkan dan mengajak anak-anak untuk memainkan kembali permainan tradisional. 

Minggu depan, Insyaalloh akan kita mainkan lagi beberapa permaian tradisional lainnya. Rencananya sih kami akan main engklek, satu permainan tradisional yang tidak kalah asyiknya. :)

Semangat. Minggu Depan : Ayo Main Engklek!
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon