Cara Membuat Screenshoot di PC Menjadi File JPG


Cara Membuat Screenshoot di PC Menjadi File JPG

Assalamualaikum wr wb.

Teman-teman, pada postingan kali ini aku akan membagikan sedikit cara sederhana Membuat ScreenShoot di PC Menjadi File JPG.

Teman-teman tahu kan apa itu screenshoot? Ya, screenshoot artinya tangkapan layar, yaitu gambar yang kita tangkap/potret yang itu bisa juga berasal dari film yang sedang kita putar.

Gambar di bawah ini merupakan contoh screenshoot di layar laptop. Gambar ini aku dapat ketika memutar film Crows III yang tokoh utamanya Kaburagi Kazeo, bukan lagi Takiya Genji. Hehehe. 

Kaburagi Kazeo Crows Zero


Sederhananya begini. Ketika kita sedang nonton film di laptop, kemudian kita ingin menyimpan gambar salah satu adegan di film tersebut, apakah kita lalu mem-pause film itu lalu kita potret pakai kamera? Hehehe, bercanda! Tapi jangan-jangan ada juga yang pernah melakukan cara tersebut! Hihihi.

Tentu saja tidak begitu kan caranya? Nah, inilah cara untuk membuat screenshoot di PC menjadi file JPG/PNG dengan sangat mudah. Ikuti langkah-langkahnya:

1.  Tekan Ctrl+PrtSc(PrtSc/PrintScreen letaknya di sebelah kanan atas) pada gambar yang teman-teman ingin tangkap. Teman-teman bisa juga mem-pause dulu film yang sedang diputar agar mendapatkan gambar yang benar-benar teman-teman inginkan.

2.   Selanjutnya, buka program Microsoft PowerPoint dan paste (Ctrl+V) gambar tersebut di blank presentation.


3.      Kalau sudah, klik kanan pada gambar dan pilih Save As Picture.

Cara Membuat Screenshoot Tangkapan Layar

 4.      Nah, langkah terakhir berilah nama file dan pilih type file yang teman-teman inginkan, bisa GIF/JPEG/PNG/TIF dan sebagainya. Selesai!

Cara Membuat Screenshoot Tangkapan Layar

 Nah, teman-teman, gampang dan simpel banget kan cara membuat screenshoot di PC menjadi file JPG? :)

Oya, hampir lupa! Mungkin teman-teman mendapati ukuran file yang tidak teman-teman inginkan. Mungkin ukuran file yang dihasilkan ternyata terlalu besar.

Jika demikian, teman-teman tinggal mengedit gambar tersebut di Microsoft Office Picture Manager atau program edit gambar lainnya. Di situ teman-teman bisa resize (mengatur kembali ukuran gambar) atau compress gambar untuk mendapatkan gambar yang lebih kecil dan ringan.

Begitulah cara membuat screenshoot di PC menjadi file JPG dengan mudah. Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan kali ini. Semoga bermanfaat! Jangan ketinggalan, baca juga artikel tentang cara gampang mengganti logo favicon (ikon favorit) di blogger.

Sampai jumpa pada kesempatan yang lain.
Wassalamualaikum wr wb.
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon