Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 130 Huruf Kapital Sejarah Museum Ambarawa Bergerak Bersama Kurikulum Merdeka

 

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 130 Huruf Kapital Sejarah Museum Ambarawa Bergerak Bersama Kurikulum Merdeka

Di halaman 130 buku Bahasa Indonesia Kelas 5 - Bergerak Bersama - siswa diminta untuk membaca tiga paragraf singkat tentang sejarah Museum Kereta Ambarawa. 

Setelah membaca tiga paragraf tentang Sejarah Museum Ambarawa, siswa diminta untuk menyalin kembali paragraf tersebut di buku masing-masing dengan penggunaan huruf kapital yang tepat.

Berikut ini tiga paragraf tentang Sejarah Museum Kereta Ambarawa.


Kunci Jawaban:

1. Museum Kereta Api Indonesia awalnya adalah sebuah stasiun yang bernama Stasiun Willem I. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873 bersamaan dengan dibukanya perlintasan kereta api di jalur Kedungjati-Ambarawa. Museum ini terletak di kota Ambarawa, Jawa Tengah. 

2. Pada awal pengoperasiannya, Stasiun Willem I digunakan sebagai sarana pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di sekitar Jawa Tengah. Setelah di nonaktifkan tahun 1976, Stasiun Ambarawa dicanangkan sebagai museum kereta api oleh Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, Supardjo Rustam. Rencana ini bertujuan untuk menyelamatkan tinggalan lokomotif uap serta sebagai salah satu daya tarik wisata di Jawa Tengah. Stasiun Ambarawa dipilih karena Ambarawa memiliki latar belakang historis yang kuat dalam perjuangan kemerdekaan yakni Pertempuran Ambarawa. Selain itu Stasiun Ambarawa pada saat itu masih menyimpan teknologi kuno yang masih bisa dioperasikan. 

3. Kini, Museum Ambarawa menampilkan koleksi perkeretaapian dari masa Hindia Belanda hingga Pra-Kemerdekaan Republik Indonesia yang meliputi sarana, prasarana, dan perlengkapan administrasi. Beberapa koleksi sarana perkeretaapian warisan seperti lokomotif uap, lokomotif diesel, kereta dan gerbong dari berbagai daerah dapat dilihat di sana. Para pengunjung juga dapat menikmati perjalanan wisata dengan menaiki kereta api wisata relasi Ambarawa-Tuntang.

[]

Demikianlah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 130 Huruf Kapital Sejarah Museum Ambarawa Bergerak Bersama Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat

close