Menghargai keberagaman lingkungan sekitar - PPKN Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun 2022


Menghargai keberagaman lingkungan sekitar

Kita harus bangga menjadi bagian dari sebuah bangsa yang memiliki aneka ragam suku dan budaya. Di sekolah kita sendiri mungkin saja terdiri atas beragam agama, suku, dan budaya. Coba kita lihat adakah teman kita yang berbeda suku dan daerah? Jikalau di sekolah kita tidak ada teman yang berbeda suku dan daerah, ketika kita pergi ke daerah lain pun tentunya kita akan berjumpa dengan masyarakat setempat yang berbeda suku dan budaya dengan kita.

Lalu, ketika kita menghadapi kondisi lingkungan yang beraneka ragam seperti ini, bagaimana sikap kita yang baik? Bagaimana cara kita menyikapi keberagaman ini?

Keanekaragaman jangan sampai membuat kita terpecah belah. Keberagaman dan keanekaragaman bukan alat pemecah persatuan dan kesatuan, tetapi justru sebaliknya, keanekaragaman seharusnya bisa menjadi penguat ikatan persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat yang satu dengan warga masyarakat yang lainnya. Kita harus menghargai keanekaragaman dan keunikan ini agar tetap lestari, sehingga dapat semakin memperkaya khasanah budaya Indonesia.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bolehkah kita merasa bangga terhadap budaya dan suku daerah sendiri? Boleh. Bahkan harus. Kita boleh dan harus bangga terhadap budaya dan suku daerah sendiri, tetapi kebanggaan tersebut tidak boleh berlebih-lebihan. Kebanggaan kita terhadap budaya daerah dan suku daerah sendiri tidak boleh dibarengi dengan sikap memandang rendah budaya dan suku daerah lain. Kita juga tidak boleh merasa budaya daerah sendiri lebih baik daripada budaya dari daerah lain.

Sikap memandang rendah budaya daerah lain dapat menyebabkan perpecahan dan perselisihan antar suku bangsa. sikap dan tindakan yang paling tepat adalah kita harus tetap menghormati dan menghargai budaya daerah lain agar bangsa ini semakin kuat dan maju serta dapat berperan dalam globalisasi.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah sikap toleransi dan lapang dada. Sikap toleransi dan lapang dada antar agama dan suku bangsa sangat penting guna menjamin persatuan dan kesatuan,  sekaligus untuk tetap melestarikan budaya daerah itu sendiri.

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan sikap toleransi dan lapang dada antaragama dan suku bangsa? Bagaimana caranya? Misalnya, mencintai dan menghormati agama dan suku asal daerah kita tanpa merendahkan agama dan suku lain; bergaul dan berteman baik dengan siapa saja tanpa memandang perbedaan agama dan suku, menghargai dan mengapresiasi keindahan budaya dari suku daerah lain, tentang menyaksikan pertunjukan seni dan budaya suatu daerah secara langsung atau melalui siaran televisi dan internet, dan lain sebagainya.

Yang terakhir adalah, kita harus dapat menerima dan menyadari bahwa keanekaragaman yang ada di dalam negeri sendiri merupakan sebuah kekayaan bangsa yang tak ternilai. Maka kita berusaha mempelajari keanekaragaman dalam kesenian daerah itu, yang berupa: tarian, lagu daerah, alat musik tradisional, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, dan lain sebagainya; kita pelajari dan apresiasi dengan baik. Dengan demikian, artinya kita sudah turut andil dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa.

Di manapun tempat kita juga harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar antara lain dengan mempelajari dan menghormati kebudayaan daerah setempat.  Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

[]

close