Latihan Menulis Kalimat - Mendeskripsikan Teman

Latihan Menulis Kalimat - Mendeskripsikan Teman

Rabu, 2 November 2022

Setelah sholat zuhur berjamaah, kita masih punya waktu untuk melaksanakan kegiatan literasi.

Untuk kegiatan literasi hari ini, kita akan belajar bagaimana menulis kalimat deskripsi. Kemudian, kalimat-kalimat tersebut akan kita gabungkan menjadi satu menjadi sebuah paragraf deskripsi. Harapannya seperti itu.

Anak-anak saya minta untuk segera mempersiapkan buku catatan literasinya. Kita akan membuat paragraf dengan cara menjawab beberapa pertanyaan. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itulah yang nantinya akan kita jadikan kalimat dan paragraf deskripsi.

Menjawab Pertanyaan

Ada enam pertanyaan yang saja ajukan kepada anak-anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Siapa nama temanmu?
  2. Apa warna kulitnya?
  3. Bagaimana rambutnya?
  4. Apa kesukaannya?
  5. Bagaimana watak/sifatnya?
  6. Apa yang tidak kamu sukai darinya?

Agar tambah seru, saya kasih waktu dua setengah menit kepada anak-anak untuk segera menjawab enam pertanyaan tersebut.

Contoh jawaban atas enam pertanyaan tersebut, misalnya sebagai berikut:

  1. Siapa nama temanmu? Dio
  2. Apa warna kulitnya? Halus kecoklatan
  3. Bagaimana rambutnya? Panjang ikal
  4. Apa kesukaannya? Bermain gitar
  5. Bagaimana watak/sifatnya? Sebenarnya baik hati tapi kadang suka marah
  6. Apa yang tidak kamu suka darinya? Dio mudah tersinggung dengan candaanku

Merangkai kalimat menjadi paragraf

Setelah anak-anak selesai menjawap semua pertanyaan dalam waktu dua setengah menit, selanjutnya adalah mengubah jawaban-jawaban tersebut menjadi kalimat-kalimat, kemudian merangkai kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf.

Sama ketika anak-anak menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, untuk memunculkan tantangan, saya berikan batas waktu. Kali ini saya berikan waktu lima menit kepada anak-anak, waktu yang saya perkirakan cukup untuk mereka. Di sini tujuan saya adalah sekaligus memberikan latihan kepada anak-anak agar terbiasa menulis dengan cepat.

Sebagai contoh, paragraf deskripsi teman yang dihasilkan dari aktivitas menjawab pertanyaan di atas tadi adalah sebagai berikut.

Aku punya teman bernama Dio. Dia berkulit halus kecoklatan. Rambutnya panjang, hitam, ikal, dan seringnya disisir tengah. Dio suka bermain gitar di dekat pohon rambutan depan rumahnya. Sayangnya Dio seorang yang gampang marah. Hal yang aku tidak suka darinya adalah, dia mudah sekali tersinggung dengan candaanku.

Nah, demikianlah latihan menulis kalimat dan paragraf untuk kegiatan literasi hari ini. Anak-anak hampir seluruhnya dapat menyelesaikan latihan ini tepat waktu. Hanya ada dua atau tiga saja anak yang masih perlu waktu tambahan untuk menyelesaikan latihan ini. 

Akan tetapi, saya cukup senang dengan capaian hasil belajar anak-anak. Semoga bermanfaat bagi mereka.

[]
close