Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin - Sekolah Adalah Tempat untuk Belajar



Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin - Sekolah Adalah Tempat untuk Belajar

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Kepada Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, kepada Bapak dari bu guru serta karyawan sekolah yang saya hormati pula, serta tidak lupa kepada siswa dan siswi kelas 1 sampai 6 yang saya cintai dan saya banggakan.

Selamat pagi semuanya.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan yang maha esa yang mana atas limpahan rahmat dan kasih sayangnya pada kita semuanya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di lapangan ini untuk menunaikan salah satu kegiatan penanaman pendidikan karakter kita yaitu upacara bendera pada hari Senin.

Yang pertama ingin saya sampaikan adalah apresiasi kepada para petugas upacara yang telah menunaikan tugas-tugasnya dengan baik sehingga sampai saat ini upacara bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala sama sekali. Tepuk tangan kepada para petugas upacara.

Dan sungguh spesial upacara pada pagi hari ini bagi kelas 4 karena pada pagi hari inilah untuk pertama kalinya siswa dan siswi kelas 4 mendapatkan amanah dan tugas untuk menjadi petugas upacara menggantikan kelas 5 maupun kelas 6 yang telah selesai tugasnya.

Mungkin memang ada beberapa kekurangan karena maklum ini adalah kali pertama kali belajar menjadi petugas upacara. Namun saya yakin dengan kesungguhan dan latihan yang terus-menerus maka hari-hari ke depan kalian pasti akan dapat menjalankan tugas dengan lebih baik lagi.

Ini adalah pengalaman yang berharga bagi kita semuanya. Karena memang sekolah adalah tempat kita belajar.

Di sekolah kita belajar menimba ilmu, belajar menghargai sesama teman, belajar menghormati yang lebih tua dan apalagi menghormati kepada bapak dan ibu guru, belajar menyayangi yang lebih muda, dan masih banyak lagi belajar dalam segala hal.

Menjadi petugas upacara adalah salah satu dari proses belajar itulah. Dari sebuah kegiatan bernama upacara bendera kita belajar tentang banyak hal antara lain belajar tentang kedisiplinan, belajar lebih mencintai bangsa dan negara atau nasionalisme dan patriotisme, belajar menghargai waktu, belajar menahan diri dari melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat sama sekali, dan lain-lain.

Pada intinya semua aktivitas dengan segala prosesnya yang ada di sekolah kita ini adalah ruang-ruang belajar bagi kita semuanya.

Oleh sebab itulah karena sekolah adalah ruang belajar bagi kita, maka mari kita rawat bersama sekolah kita ini. Mari kita jaga kebersihannya, kerapiannya, keindahannya, dan mari kita pertahankan supaya kelas ini menjadi tempat yang nyaman bagi kita belajar.

Sekarang saya akan bertanya, nyamankah kalian belajar di ruangan yang kotor dan bau? Tentu saja tidak kan?

Maka mari kita jaga kebersihannya. Menjaga kebersihan kelas bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab petugas piket pada hari itu saja, tetapi juga merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh siswa di kelas tersebut. Sebelum pulang sekolah pastikan laci meja kalian bersih dari sampah apalagi sampah bekas makanan yang mungkin basah dan mudah mengeluarkan bau yang tidak enak.

Kemudian selain menjaga kebersihan kerapian dan keindahannya, kita juga harus menjaga suasana yang ada di sekolah kita ini agar tetap menyenangkan dan nyaman untuk kita belajar. Caranya adalah dengan kita menghargai sesama teman, saling menyayangi dan rukun terhadap semua warga sekolah. Jangan suka saling mengejek, bermusuhan, apalagi saling membenci sesama teman. Sebaliknya tanamkanlah perasaan suka mengalah, senang membantu kesulitan teman, murah senyum dan ramah, serta toleransi dan saling menghargai.

Bagaimana kita akan nyaman dalam belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat jika kita saling membenci dan bermusuhan?

Oleh sebab itulah anak-anakku yang saya sayangi serta saya banggakan, mari kita ciptakan suasana belajar yang kondusif mulai dari masuk sekolah hingga pulang sekolah. Dengan demikian nantinya sekolah akan benar-benar menjadi ruang belajar yang nyaman bagi kita untuk meraih masa depan dan cita-cita kita semuanya.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan yang maha esa memberikan kepada kita kepahaman serta kekuatan dan keajegan untuk dapat mengamalkannya dengan baik.

Apa yang sedikit ini semoga bermanfaat bagi kita semuanya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.