Pengajaran Topik A.1 Materi, Massa, dan Mari Refleksikan Halaman 35-37 - IPAS Kelas 4 SD

Pengajaran Topik A.1 Materi, Massa, dan Mari Refleksikan Halaman 35-37 - IPAS Kelas 4 SD

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kita sudah sampai di Bab 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya. Kita akan belajar bersama-sama sambil membuka buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV pada halaman 33.

Pada topik A kita akan belajar tentang 3 hal, yaitu 1) Apa itu materi?, 2) Seperti apa saja wujud zat/materi?, dan 3) Bagaimana wujud zat dapat berubah-ubah.

Pengertian Materi

Materi adalah segala sesuatu yang punya massa dan menempati ruang.

A.1 Apa itu massa?

Sebelum menjawab tentang apa itu massa, kita bisa melakukan percobaan pada beberapa benda dengan menggunakan timbangan. Kita akan mencari tau dan membuktikannya.

Mari Mencoba Halaman 35

Sebagai contoh, mari kita ambil sebuah batu berukuran segenggam tangan kita, dan kita ambil beberapa lembar kertas bekas dan meremasnya sehingga menjadi sebuah gumpalan kertas. Kemudian, kita letakkan kedua benda tersebut, yaitu batu dan gumpalan kertas, pada sebuah timbangan sederhana.

Benda manakah yang lebih berat? Mari kita lihat. Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih  berat, yaitu segenggam batu.


Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa gumpalan kertas.

Nah, Massa adalah besaran dari suatu benda. Massa suatu benda berbeda dengan massa benda-benda lainnya, seperti yang terjadi pada batu dan kertas pada percobaan di atas. Perbedaan massa yang berbeda pada suatu benda dengan benda lainnya disebabkan oleh banyaknya jumlah zat pada benda tersebut. 

Pada percobaan di atas, batu memiliki jumlah zat yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah zat pada gumpalan kertas. Oleh sebab itulah, massa batu lebih besar daripada massa kertas sehingga timbangan akan miring ke arah batu yang lebih berat daripada kertas.

Kita bisa melakukan percobaan-percobaan lain dan mencatat hasil pengamatannya pada tabel di bawah ini!

Mari Refleksikan Halaman 37


Jawab:

1. Massa adalah besaran dari suatu benda.

2. Massa benda dipengaruhi oleh banyaknya zat/materi dalam suatu satuan. Semakin banyak zat/materi suatu benda, maka massanya akan semakin besar. Akan tetapi benda yang ukurannya lebih besar atau jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan benda lain, belum tentu memiliki massa yang lebih besar. 

Seperti yang kita lihat pada percobaan tadi antara batu dan gumpalan kertas. Gumpalan kertas yang ukurannya lebih besar, ternyata memiliki massa yang lebih kecil dibandingkan batu yang berukuran segenggam tangan.

Contoh lain adalah, styrofoam, kapas, plastik, atau tisu. Benda-benda tersebut apabila ditimbang dengan kaca dengan ukuran yang sama, ternyata lebih berat kaca. Karena kaca memiliki jumlah zat/materi yang lebih besar daripada kapas, plastik, tisu, atau styrofoam.

Jadi, ukuran benda tidak selalu berbanding lurus dengan massa benda.

3. Cara menentukan massa suatu benda adalah dengan menimbang benda tersebut menggunakan neraca atau timbangan.

[]

close