8 Permainan Menarik Untuk Menunjang Kegiatan Belajar di Kelas



8 Permainan Menarik Untuk Menunjang Kegiatan Belajar di Kelas

Sangat penting untuk membuat pembelajaran menarik bagi siswa dengan kegiatan yang interaktif. Salah satunya adalah dengan cara memasukkan permainan kelas yang menyenangkan ke dalam rencana pelajaran Anda. Hal itu adalah cara sederhana yang efektif untuk memotivasi siswa Anda, dan mendorong mereka untuk memanfaatkan kreativitas dan imajinasi mereka sehingga akan menunjang pembelajaran.

Berikut ini adalah 9 games yang bisa diterapkan di kelas Anda. Inilah games yang tentunya akan sangat menyenangkan untuk melibatkan siswa Anda dalam pembelajaran akademik, tanpa mereka sadari!

1. Charades

Permainan sederhana namun klasik ini adalah cara yang bagus untuk mendorong siswa Anda keluar dari tempat duduk mereka dan berpartisipasi dalam pelajaran.

Alat yang digunakan: daftar orang, tindakan, atau konsep yang terkait dengan subjek yang Anda ajarkan.

Cara Bermain: Pilih siswa untuk berdiri di depan ruangan dan bertindak keluar kata dari daftar Anda (tidak berbicara diperbolehkan). Sisa kelas kemudian harus menebak apa yang siswa coba gambarkan. Siswa lain dapat meneriakkan tebakan mereka atau mengangkat tangan – tergantung pada preferensi pengajaran anda! Siapa pun yang menebak dengan benar dapat memerankan kata berikutnya.

2. Hangman

Sebuah permainan tradisional tapi interaktif yang meningkatkan ejaan dan subjek pengetahuan siswa, tetapi juga menyenangkan.

Alat yang digunakan: papan tulis dan pena atau papan tulis interaktif, ditambah daftar kata-kata khusus subjek untuk menginspirasi siswa Anda.

Cara bermain: bagilah kelas Anda menjadi dua tim kemudian pilih siswa untuk berdiri di depan kelas dan memikirkan sebuah kata yang berhubungan dengan pelajaran (atau anda bisa memberi mereka kata yang cocok). Siswa kemudian harus menggambar spasi di papan tulis untuk mewakili setiap huruf dalam kata mereka. Sisa kelas kemudian menebak kata, satu huruf pada satu waktu (biarkan satu siswa dari masing-masing tim menebak secara bergantian). Tebakan yang salah mengakibatkan algojo ditarik (satu baris pada satu waktu). Tim pertama yang menebak kata menang, kecuali algojo selesai. Permainan kemudian mengulangi dengan pemikiran siswa lain dari kata yang relevan.

Alternatif: jika Anda merasa algojo tidak akan sesuai kemudian menggunakan gambar yang berbeda-baik subjek-spesifik atau berpikir kreatif misalnya spaceman atau manusia salju.

3. Bingo

Sebuah permainan cepat dan sederhana yang tidak pernah gagal untuk memotivasi siswa dalam belajar mereka.

Alat yang digunakan: papan tulis dan pena atau kertas dan pena/pensil, ditambah daftar istilah subjek-spesifik atau konsep misalnya angka, phonics, Kosakata kunci, formula ilmiah, atau tokoh-tokoh sejarah.

Cara Bermain: Minta siswa untuk menggambar kotak 6 x 6 di papan tulis atau potongan kertas mereka kemudian pilih 6 kata atau gambar dari daftar yang diberikan untuk menggambar/menulis di grid mereka. Anda kemudian harus secara acak memilih kata dari daftar untuk menggambarkan, dan siswa harus menebak kata untuk mencoretnya di grid mereka (jika ada). Lanjutkan menggambarkan kata-kata yang berbeda sampai satu siswa berhasil menyelesaikan grid mereka dan berteriak 'bingo!'(Anda juga dapat memberikan hadiah kepada siswa pertama yang mendapat 3 berturut-turut).

Alternatif: siswa dapat memasukkan jawaban terkait subjek mereka sendiri ke dalam kisi bingo, tetapi ini membuatnya lebih menantang bagi anda karena pilihan kata yang luas dan ambiguitas. Juga, jika Anda memiliki lebih banyak waktu, maka anda dapat membuat papan bingo Anda sendiri dengan kosakata atau konsep tertentu yang Anda bahas dalam pelajaran itu (dapat digunakan kembali).

4. Teka-teki Potongan Puzzle

Permainan kelompok kreatif ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan memvisualisasikan konsep akademik secara abstrak.

Alat yang digunakan: gambar, kata-kata, perhitungan, atau konsep dicetak atau terjebak pada kartu/kertas dan dipotong menjadi bentuk acak (potongan puzzle) misalnya perhitungan matematika, persamaan kimia, kosakata subjek, tokoh-tokoh sejarah, dll.

Cara bermain: pisahkan kelas Anda ke dalam kelompok (atau hanya menggunakan pengelompokan tabel) kemudian membagikan teka-teki untuk masing-masing kelompok untuk mengumpulkan.

Alternatif: siswa dapat membuat teka-teki mereka sendiri pada komputer atau menggambar ke kartu/kertas untuk rekan-rekan mereka untuk menyelesaikan.

5. Hot Potato/Kentang panas

Permainan Kelas menyenangkan ini mendorong siswa untuk berpikir pada kaki mereka dan menarik pada berbagai pengetahuan subjek.

Alat yang digunakan: mainan lunak, objek, atau item untuk setiap kelompok untuk dilewati misalnya beruang atau bola, ditambah daftar tema khusus subjek misalnya bilangan prima, komposit, rasional, pecahan, desimal, dll.

Cara bermain: bagilah kelas Anda menjadi kelompok-kelompok kecil dan membagikan objek/mainan lunak ke setiap kelompok. Orang dengan objek di setiap kelompok akan mulai. Anda memberi nama judul atau tema, misalnya bilangan prima, dan kemudian berpacu dengan waktu bagi siswa untuk memberikan 5 tanggapan yang benar, mis. 2, 3, 5, 7, 11, sebelum item / mainan lunak telah diedarkan di sekitar semua orang dalam kelompok kecil mereka dan dikembalikan kepada mereka.

Alternatif: dengan kelas kecil, Anda bisa bermain dalam satu kelompok besar, namun, siswa yang pemalu mungkin merasa ini mengintimidasi karena tekanan untuk memberikan jawaban yang benar.

6. Pictionary

Klasik lama tetapi juga cara yang bagus bagi siswa untuk memvisualisasikan pemahaman mereka dalam permainan tim yang menyenangkan.

Alat yang digunakan: papan tulis dan pena atau potongan kertas dan pensil/pena, ditambah daftar konsep subjek-spesifik.

Cara bermain: Siswa bekerja dalam kelompok kecil. Satu siswa dari setiap kelompok dipilih untuk memulai dan mereka harus menggambar konsep terkait subjek yang Anda nyatakan, dalam waktu tertentu (30 detik-2 menit). Anggota kelompok lainnya kemudian harus menebak apa yang dia gambar. Kelompok pertama yang menebak kata dengan benar menang. Permainan berulang sampai setiap siswa mendapat giliran / tidak ada lagi kata-kata di daftar Anda.

Alternatif: siswa dapat memodelkan konsep menggunakan playdough untuk ditebak oleh rekan-rekan mereka.

7. Quizalize

Permainan kuis yang menyenangkan dan menarik ini memungkinkan Anda untuk menguji pengetahuan siswa Anda, dalam mata pelajaran apa pun, menggunakan aktivitas tim kelas yang memotivasi.

Alat yang digunakan: papan tulis interaktif, perangkat untuk siswa Anda atau suite IT dan kuis Quizalize (buat sendiri atau pilih dari ribuan kuis yang dibuat oleh guru dari seluruh dunia).

Cara bermain: setelah Anda membuat atau menemukan kuis di Quizalize, cukup tetapkan ke siswa Anda dan mereka dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun – tidak ada aplikasi untuk dipasang! Kunjungan siswa zzi.sh, masukkan kode kelas mereka (ditampilkan pada layar 'Launch Game View') diikuti dengan nama mereka, dan kemudian mereka dapat memainkan kuis. Hasil siswa muncul secara real-time, sehingga mereka dapat melacak skor mereka saat mereka bermain

Alternatif: Anda juga dapat mengatur kuis kuis sebagai pekerjaan rumah interaktif.

8. Jempol ke Atas, Jempol Ke Bawah

Meskipun game ini tidak akademis, ini adalah alat manajemen perilaku yang sangat baik yang mendukung kerja keras di kalangan siswa.

Alat yang digunakan: jempol/tangan

Cara bermain: 3 - 4 siswa dipilih untuk berdiri di depan ruangan. Sisa kelas kemudian meletakkan kepala mereka di atas meja dan memegang ibu jari mereka di udara. 3 - 4 siswa di depan kemudian dengan hati-hati ujung-jari kaki di sekitar kelas dan dengan lembut mencubit masing-masing satu ibu jari, dari siswa dengan kepala tertunduk. 3-4 siswa kembali ke depan ruangan, setelah mereka mencubit ibu jari, dan kelas mengangkat kepala mereka. Para siswa yang ibu jarinya dicubit kemudian berdiri dan harus menebak siapa yang mencubitnya. Jika mereka menebak dengan benar maka mereka bertukar dengan siswa di depan, dan permainan berlanjut.

Alternatif: untuk membuat Akademik ini, Anda dapat mengajukan pertanyaan terkait subjek untuk memilih siswa untuk setiap putaran.

=== Cobalah permainan kelas yang menarik ini dengan siswa Anda dan dorong mereka untuk menerapkan pengetahuan mereka dengan cara baru. Permainan grup yang sederhana namun efektif ini merupakan tambahan yang bagus untuk rencana pelajaran apa pun.

Game kelas apa yang Anda suka mainkan? Permainan apa yang paling disukai oleh siswa-siswi Anda?

close