Perbedaan antara ligamen dan tendon

Rifanfajrin.com -  Perbedaan antara ligamen dan tendon



Perbedaan yang paling jelas antara ligamen dan tendon adalah bahwa tendon bergabung dengan tulang ke otot rangka dan ligamen bergabung dengan tulang ke tulang lain. Kedua masalah ini memiliki jenis sel tertentu yang disebut fibroblas yang membentuk kerangka struktural untuk jaringan ikat.

Tendon kuat dan tidak fleksibel sedangkan ligamen fleksibel dan elastis. Keduanya memainkan peran penting dalam sendi dan tulang dan terdiri dari sel-sel hidup. Mereka mengandung banyak kolagen.

Perbedaan antara Tendon dan ligamen

Tendon dan ligamen merupakan bagian integral dari penggerak di semua organisme yang lebih tinggi. Perbedaan penting antara ligamen dan tendon dirangkum sebagai berikut:

Tendon: menghubungkan otot rangka ke tulang menghubungkan tulang ke tulang, sedangkan ligamen Menghubungkan ujung otot ke tulang

Tendon : bersifat Tangguh dan elastis, ligamen bersifat elastis

Tendon :menghubungkan ujung tulang di persendian

Tendon : Setiap otot hanya berisi satu tendon, sedangkan ligamen : Setiap sendi mengandung banyak ligamen

Tendon: Kandungan proteoglikan rendah, sedangkan ligamen kandungan proteoglikan relatif lebih

Tendon: Putih dalam warna sedangkan ligamen Kuning dalam warna

Tendon: Fibroblas terletak pada baris terus menerus, sedangkan fibroblas pada ligamen tersebar

Tendon : Serat yang kompak dan hadir dalam bundel paralel, sedangkan pada ligamen serat tidak diatur dalam bundel paralel tetapi kompak dikemas

Tendon : Tidak ada klasifikasi sedangkan ligamen diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu: ligamen artikular, ligamen sisa dan ligamen peritoneum

Cedera

Darah, sel-sel khusus (leukosit dan trombosit) dan pembuluh darahnya adalah komponen kunci untuk penyembuhan ketika tubuh mengalami cedera. Pembuluh darah mengangkut nutrisi dan oksigen yang membantu mempercepat proses penyembuhan. Namun, tendon dan ligamen kekurangan pembuluh darah, sehingga tampak putih jika dibandingkan dengan otot. Ini juga alasan tendon dan ligamen membutuhkan waktu lama untuk sembuh ketika mereka terluka.

Kesimpulannya

tendon dan ligamen adalah bagian penting dari sistem kerangka dan merupakan bagian integral untuk penggerak. Dan meskipun keduanya berbeda secara struktural, mereka memainkan fungsi penting dalam pergerakan vertebrata.

close