Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Doa Sebelum Belajar

Doa sebelum belajar


Doa sebelum belajar.

Sebagai seorang pelajar berkarakter, hendaknya kita senantiasa berdoa sebelum melakukan berbagai aktivitas, termasuk ketika sebelum belajar.

Doa sebelum belajar adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Karena berdoa pada dasarnya adalah memohon kepada Tuhan yang maha esa Allah subhanahu wa ta'ala.

Berdoa sebelum belajar memiliki tujuan agar kita selalu diberikan ilmu yang bermanfaat. Selain itu kita juga diberikan kepahaman atas ilmu yang kita pelajari tersebut.

Doa sebelum belajar sebaiknya kita ucapkan baik ketika kita mau belajar bersama teman-teman dan guru di sekolah, atau ketika kita hendak belajar secara mandiri di rumah kita masing-masing.

Berikut ini adalah doa sebelum belajar.

Bismillahirohmanirohim

Robbi Zidni ilmannafian.

Warzuqni fahman wasian.

Waj alni minash sholihin.


Arti dari doa di atas adalah:

Ya Allah ya Tuhan kami, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, serta karuniakanlah kepadaku kemampuan untuk memahami ilmu tersebut. Serta jadikanlah aku termasuk ke dalam golongan dari hambaMu yang saleh.


Ketika kita berdoa sendirian di rumah sebelum kita belajar, doa di atas kiranya sudah mencukupi.

Namun biasanya di sekolah-sekolah, selain lafaz doa tersebut di atas, seringkali aktivitas doa juga diawali dengan membaca surah al-fatihah terlebih dahulu.

Bahkan juga bisa dilengkapi dengan:

Rodhitubillahi Robba, wabil islami diina. Wabi Muhammadin Nabiyyaw wa Rosuula.

Yang artinya adalah:

Ya Allah aku ridho dan mengakui engkau sebagai Tuhan kami, agama Islam sebagai agama kami, dan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebagai Rasul utusan Engkau.

Doa sebelum belajar yang kita lafazkan di kelas bisa dipimpin oleh pemimpin sang ketua kelas atau dipimpin oleh salah seorang siswa yang bertugas pada hari itu, yang ditunjuk berdasarkan kesepakatan bersama di kelas.

Kesepakatan bersama di kelas tentang siapa yang memimpin doa agaknya cukup penting adanya, Untuk menghindarkan siswa-siswi peserta didik saling ribut dan berebut untuk memimpin doa.

Apabila sudah disepakati siapa yang memimpin doa, maka kelas akan lebih kondusif sehingga aktivitas berdoa menjadi penuh dengan ketenangan dan kekhusyukan.

Berdoa yang pada hakekatnya adalah memohon kepada Tuhan yang maha esa memang harus dilakukan dengan penuh ketenangan dan kekhusyukan sehingga kita nanti akan diberikan ilmu yang bermanfaat dan kepahaman yang luas sebagaimana doa yang telah kita panjatkan tersebut di atas.

Demikianlah doa sebelum belajar.

Semoga bermanfaat Selamat belajar.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.