Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat energi matahari bagi hewan

Manfaat energi matahari bagi hewan

Manfaat energi matahari bagi hewan

Matahari adalah sumber energi yang paling besar di dunia ini dan matahari juga memiliki beragam manfaat bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di seluruh permukaan bumi ini.

Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja sih sebenarnya manfaat energi matahari bagi hewan.

Namun sebelum kita jelaskan apa saja manfaat energi matahari bagi hewan terlebih dahulu kita pahami bahwa energi matahari merupakan energi yang berasal dari pancaran panas sinar matahari. Karena matahari merupakan sumber energi yang terbesar di permukaan bumi ini, maka sinar panas matahari mampu menunjang keberlangsungan hidup seluruh makhluk di permukaan bumi.

Pancaran sinar matahari inilah yang kemudian memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan di bumi baik untuk kehidupan manusia hewan maupun tumbuhan.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat energi matahari bagi hewan.

Beberapa manfaat energi matahari bagi hewan antara lain adalah:

1. Bagi hewan matahari bermanfaat agar bisa menghangatkan tubuh mereka sehingga mereka bisa bertahan hidup. Beberapa hewan terutama jenis reptil seperti buaya ular dan kadal memerlukan sinar matahari agar bisa menghangatkan badan dan bertahan hidup.

2. Manfaat yang kedua, bagi hewan sinar matahari juga berguna sebagai sumber vitamin D. Manfaat ini juga dirasakan oleh manusia yang juga membutuhkan vitamin D. Jadi manusia dan hewan membutuhkan vitamin D dengan mataharilah yang merupakan sumber alami untuk mendapatkan asupan vitamin ini.

3. Manfaat selanjutnya adalah beberapa hewan memanfaatkan panas sinar matahari guna membantu mereka memperlancar proses pencernaan makanan.

4. energi matahari bermanfaat bagi hewan untuk menjaga suhu tubuh sehingga suhu tubuh hewan tetap hangat dan stabil.

5. Energi matahari membantu pertumbuhan hewan lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan sumber energi matahari yang dapat menghasilkan vitamin D yang antara lain bermanfaat bagi pertumbuhan tulang.

6. Selain itu sinar matahari juga dibutuhkan oleh hewan untuk mempercepat proses adaptasi lingkungan.

7. Secara tidak langsung energi matahari berguna bagi hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Manfaat ini terjadi pada proses fotosintesis tumbuhan yang dibantu oleh sinar matahari.

8. Matahari juga berguna untuk mengatur siklus tidur hewan kapan dia harus bangun dan kapan dia harus tidur.

9. Matahari juga berguna bagi hewan sebagai penunjuk arah terutama bagi hewan seperti burung ketika dia terbang.

10. Manfaat lain dari matahari adalah sebagai sumber penerangan untuk mencari mangsa dan makanan bagi hewan.

===

Itulah tadi beberapa manfaat energi matahari terutama bagi hewan.

Tentu saja selain 10 manfaat yang telah disebutkan di atas mungkin saja masih banyak lagi manfaat energi matahari yang memang sangat bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk di permukaan bumi.