Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MANFAAT SIKAP PERCAYA DIRI

Rifanfajrin.com - Manfaat sikap percaya diri kelas 3 SD

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Apakah kalian termasuk anak yang percaya diri? Apa sih yang dimaksud dengan percaya diri? lalu apa manfaat percaya diri? Nah, materi yang kita pelajari ini merupakan materi tematik kelas 3 SD tema 4, tentang percaya diri. 

Percaya diri adalah sikap yang harus dikembangkan sejak kecil. kepercayaan diri itu perlu dilatih sebab tidak muncul begitu saja. Percaya diri tidak didapatkan melalui kelahiran atau keturunan. 

Untuk menjadi orang yang percaya diri, perlu kemauan yang keras. Percaya diri dapat terbentuk dari kondisi lingkungan tempat tinggal. Lingkungan sekitar yang menajdi tempat tinggal bermanfaat dalam melakukan sosialisasi dan iteraksi sosial yang membantu pengembangan kepercayaan diri. 

Manfaat sikap percaya diri

Pengertian Percaya Diri

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), percaya diri  adalah bentuk sikap untuk percaya pada kemampuan diri sendiri. 

Dengan memiliki sikap percaya diri, maka diri akan berkeyakian bahwa diri sendiri bukanlah penghalang untuk melakukan berbagai hal, terutama dalam meraih kesuksesan. Percaya diri akan berdampak positif pada diri sendiri bahkan kepada orang lain, karena akan menginspirasi orang lain.Kepercayaan diri akan mendorong seseorang untuk berani melakukan berbagai hal baru. Selain itu juga akan menambah pengalaman. Apa saja manfaat percaya diri?

Manfaat Percaya Diri

  1. Meningkatkan Kemampuan Belajar; Percaya diri akan bermanfaat untuk meningkatkan keinginan untuk terus belajar mencoba hal hal baru. Sehingga pengalaman tersebut tentunya menambah ilmu.
  2. Mental Lebih Kuat; Kepercayaan diri yang tinggi beranfaat membentuk mental yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi. Percaya diri ini akan lebih kuat menghadapi berbagai masalah yang muncul. Dengan mental yang kuat, kita tidak akan takut melakukan kesalahan karena mencoba suatu hal yang baru, sebab orang yang bermental kuat dan percaya diri akan berusaha memperbaiki kesalahan dan mencari solusi secepat mungkin.
  3. Menjadi Lebih Yakin; Percaya diri akan menumbuhkan keyakinan yang kuat terhadap kemampuan diri sendiri. Dengan keyakinan itu, kita tidak akan takut saat mengambil suatu keputusan atau tindakan. Misalnya, saat diminta orang tua untuk berpendapat dalam musayawarah keluarga, atau ketika diminta maju kedepan kelas.Percaya diri mendorong kita berani karena memiliki keyakinan akan kebenaran pendapat yang disampaikan.
  4. Hidup Menyenangkan; percaya diri juga membuat hidup menjadi lebih menyenangkan. Dengan kepercayaan diri, kita tidak akan terpancing untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Percaya diri mendorong kita lebih bersyukur atas berbagai hal yang dimiliki. Rasa syukur ini juga akan memotivasi kita untuk menjadi elbih baik dari sebelumnya. 
  5. Mempunyai jati diri, percaya diri mendorong kita hidup sesuai dengan apa yang kalian yakini atau tidak meniru orang lain.
  6. Selalu optimis dalam berbagai hal, sebab akan selalu berpikiran positif dalam setiap tingkah lakunya.
  7. Mudah meraih kesuksesan, karena didorong sikap percaya diri, optimis, dan keuakinan dalam mengambil keputusan
  8. Tidak mudah menyerah, sebab percaya diri akan selalu terbuka terhadap masukan dan kritikan orang lain walaupun tidak menyenangkan.
  9. Cepat beradaptasi, cepat belajar, dan cepat memiliki ilmu baru, karena tidak memiliki rasa gengsi dalam bergaul.
  10. Tidak mudah terjerumus, karena kamu cepat menilai mana yang baik dan benar untuk hidupmu.

AKHIR KATA

Nah, itu tadi pengertian dan manfaat dari sikap percaya diri.