Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MANFAAT TOLONG MENOLONG

Rifanfajrin.com - manfaat tolong menolong kelas 2 sd

Assalamualaikum teman teman, kelas 2 sd. Apa kabar semuanya? semoga kalian selalu dalam keadaan sehat selalu ya. 

Teman teman, pernahkah kalian membutuhkan pertolongan? Sebaliknya, apakah kalian pernah memberikan pertolongan kepada orang lain? Memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan dan sebaliknya, itulah yang dimaksud dengan tolong menolong.

Manusia sebagai makhluk sosial, tidak pernah bisa lepas dari orang lain. Seseorang tidak bisa hidup secara individual. Pasti dalam hidupnya membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, kita harus memupuk rasa persatuan dengan cara saling memberikan pertolongan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Rifanfajrin akan membahas tentang contoh dan manfaat dari sikap tolong menolong untuk kalian kelas 2 SD.

Tolong menolong sesama manusia dan makhluk hidup yang lain

Mengembangkan sikap tolong menolong merupakan kewajiban manusia sebagai makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri dan akan saling bergantung dengan manusia lain. Bahkan, manusia juga ternyata saling bergantung dengan hewan, dan tumbuhan. 

Manusia membutuhkan tumbuhan untuk mendapatkan oksigen yang dihasilkan oleh tanaman, memanfaatkan pohon untuk diambil batang kayunya sebagai bahan pembuatan meubelair, memanfaatkan berbagai macam tumbuhan sebagai tanaman obat, bahan pangan dan sebagainya, sedang tanaman juga senantiasa membutuhkan manusia untuk menjaga kelestariannya. 

Bagitu pula dengan hewan, manusia membutuhkan hewan untuk diambil dagingnya, dan mengupayakan untuk dapat hidup berdampingan dengan hewan. Sedangkan hewan juga membutuhkan bantuan manusia untuk melestarikan habitatnya.

manfaat tolong menolong

Bagaimana cara mengembangkan sikap tolong menolong?

Untuk mengembangkan sikap tolong menolong, ada banyak hal yang bisa dilakukan baik di rumah, sekolah, lingkungan, maupun di berbagai ruang kehidupan lainnya. Tolong menolong dapat dikembangkan dengan melatih kepekaan terhadap kebutuhan orang lain, berusaha berempati kepada orang yang membutuhkan pertolongan, serta tidak segan segan untuk segera menolong tanpa pamrih.

Dengan mengembangkan sikap tolong menolong antar sesama, maka kita akan mendapatkan berbagai manfaat yang ditimbulkan dari terbinanya sikap tolong menolong antara sesama. Apa sajakah itu? 

Manfaat Tolong Menolong

Dengan mengembangkan sikap tolong menolong, kita akan mendapatkan berbagai manfaat yang bahkan tidak hanya didapat oleh orang yang ditolong, namun juga ada banyak manfaat untuk orang yang menolong.

Berikut penjelasan manfaat dari sikap tolong menolong.

1. Pekerjaan Selesai Lebih Cepat

Saling tolong menolong dalam menyelesaikan suatu pekerjaan (bergotong royong) akan membuat sebuah pekerjaan tersebut cepat diselesaikan.

Suatu pekerjaan yang berat, rumit, dan menumpuk, akan menjadi lebih mudah terselesaikan apabila kita diberi pertolongan oleh orang lain. Oleh sebab itu ada baiknya apabila teman sedang bersusah payah menyelesaikan pekerjaannya, kita bisa balik menolongnya. 

Dengan bekerja sama pekerjaan akan lebih cepat selesai, selain itu pekerjaan juga menjadi lebih mudah karena dikerjakan secara bersama.

2. Menjalin Persahabatan

Kegiatan tolong menolong akan mempererat persahabatan antar sesama. Sebab  sikap tolong menolong akan membuat kita saling berinteraksi secara positif juga terjalin komunikasi yang baik antar sesama.

Dengan membagi pekerjaan dan memberikan bantuan dengan bekerja sama, kita akan membentuk hubungan positif yang saling menguntungkan. Maka ketika teman membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menolong. Cara itu bisa membangun hubungan sosial yang baik antar manusia.

3. Hati Menjadi Nyaman

Sikap tolong menolong tentunya juga bermanfaat pula bagi orang yang memberikan bantuan pertolongan. Orang yang terbiasa memberikan pertolongan dan memberikan bantuan akan mendapatkan rasa nyaman di hati. Ia dianugerahi Tuhan dengan hati yang "entengan". Hal itu timbul dari perasaan senang setelah melakukan tindakan yang baik.

Bahkan sebuah penelitian psikologi mengungkap fakta bahwa perbuatan tolong menolong bisa memicu bagian otak menciptakan rasa nyaman dan rasa penghargaan pada diri sendiri.

4. Menurunkan Tingkat Stres

Banyaknya pekerjaan bisa saja menjadikan kita merasa cepat lelah dan stress berat. Saling tolong menolong bisa menjadi cara untuk mengurangi tingkat stres. Menolong orang lain bisa membantu mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan zat endorfin dan mencegah stres. Endorfin merupakan zat yang bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh. Bahkan zat tersebut juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sikap tolong menolong ternyata turut mempengaruhi kesehatan seseorang juga. Menolong orang lain, ternyata mampu menyeimbangkan tekanan darah. Kondisi tekanan darah seseorang bisa dipengaruhi oleh kondisi mental.Saat melakukan perbuatan tolong menolong, teman-teman akan merasa bahagia dan memberikan potensi menurunnya tekanan darah.

Contoh Tolong Menolong

1. Di Rumah

Sikap tolong menolong yang bisa dilakukan di rumah Misalnya:

  • kakak dan adik membantu menjaga kebersihan rumah 
  • ayah dan ibu membantu anak-anak untuk membangunkan mereka supaya bisa bangun lebih pagi, sehingga tidak terlambat masuk sekolah. 
  • Anak-anak membantu merapikan kasur dan kamar. 
  • Adik membantu menjemur pakaian setelah selesai dicuci oleh ibu menggunakan mesin cuci

2. Di Sekolah

berikut merupakan contoh tolong menolong di kelas:

  • Siswa membantu guru menghapus papan tulis
  • siswa menjemput guru di kantor dan membawakan buku dan tasnya menuju ke kelas
  • siswa saling tolong menolong menjaga kebersihan kelas
  • siswa memperhatikan guru ketika menerangkan dan tidak membuat gaduh saat pelajaran dimulai
  • siswa tidak membuang sampah sembarangan supaya meringankan tugas petugas kebersihan sekolah 

3. Di Masyarakat

Saat berada di lingkungan masyarakat,kita bisa membantu orang yang sedang kesulitan tanpa ragu. Seperti saat ada tetangga yang terjatuh di jalan, segera tolong orang tersebut. Atau kita juga bisa melakukan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Hal itu akan menolong petugas kebersihan dalam menjalankan tugasnya.

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan rifanfajrin tentang manfaat tolong menolong kelas 2 sd. yuk kita praktikkan sikap tolong menolong yang sudah dijelaskan di atas.