MANFAAT TIDUR MALAM KELAS 3 SD

 Rifanfajrin.com - Manfaat tidur malam kelas 3 SD

Assalamualaikum teman-teman kelas 3 SD, apa kabar semuanya? pada post kali ini rifanfajrin akan membahas tentang materi kelas 3 SD tema 4 pada buku tematik halaman 31. Pada halaman tersebut, siswa diajak membahas materi pembelajaran 4 subtema 1 tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018, dimana siswa diminta untuk menjelaskan manfaat tidur malam kelas 3 SD.

Manfaat tidur malam, Manfaat tidur malam tema 4 kelas 3 SD

Adapun pembahasan manfaat tidur malam ini merupakan kelanjutan dari manfaat istirahat yang dibahas pada Tema 4 Kelas 3 Halaman 30, sebagai berikut:

MANFAAT ISTIRAHAT

Ayo Menulis!

Setelah makan malam, Udin membaca buku. Pada pukul delapan malam, Udin pergi tidur. Udin memiliki kewajiban untuk beristirahat. Mengapa beristirahat itu penting? Tuliskan tiga manfaat istirahat!

Jawaban :

Manfaat Beristirahat

Manfaat istirahat yang cukup itu sangatlah banyak. Apabila kita kurang istirahat, akan berakibat menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh akan mudah sakit. Beberapa manfaat istirahat yang cukup adalah sebagai berikut:

  1. Menyegarkan badan. Istirahat yang cukup akan bermanfaat menjadikan badan kembali segar dan siap untuk memulai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Menyehatkan badan, karena istirahat yang akan menjaga tubuh kita tetap sehat. Sebab tubuh pun pasti membutuhkan istirahat. ibarat mesin, apabila digunakan terus menerus, akan mudah rusak.
  3. Tubuh tidak mudah lelah. Kurangnya waktu istirahat akan menumbulkan dampak kurang baik pada tubuh kita, yaitu badan mudah lelah. kondisi ini menyebabkan pula menurunnya daya konsentrasi otak. Istirahat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh dan otak.
  4. wajah menjadi cerah. Kurangnya waktu istirahat bisa mengakibatkan wajah seseorang menjadi sayu dan lesu, hal ini merupakan pertanda orang tersebut kurang tidur atau kurang istirahat.
  5. Tidak mudah mengantuk. Istirahat yang cukup akan menjauhkan dari kantuk, karena istirahat atau jeda dari pekerjaan sekurang kurangnya 20 menit akan meningkatkan produktifitas kita setelah istirahat, hal ini akan menjaga tubuh tetap fit.

PEMBAHASAN TEMA 4 HALAMAN 31

manfaat tidur malam, Manfaat tidur malam tema 4 kelas 3 SD

Pada halaman 31, kita diminta menceritakan pengalaman tentang manfaat tidur malam. Semua manusia pasti membutuhkan waktu istirahat setelah seharian beraktivitas. Tidur malam merupakan aktivitas yang penting untuk memastikan tubuh kembali fit pada keesokan harinya. Manfaat tidur malam yang cukup itu banyak sekali. Untuk anak-anak tidur malam yang baik antara 6-8 jam, sedangkan untuk orang dewasa tidur yang berkualitas antara 5-6 jam.

Ayo Bercerita!

Pernahkah kamu tidak tidur di malam hari? Apa akibatnya? Bagaimana rasanya jika kamu tidur dengan nyenyak? Ceritakan pengalamanmu! Sampaikan juga manfaat tidur malam!

Contoh cerita pengalamanku :

Suatu ketika aku menonton acara televisi favoritku hingga larut malam. Akibatnya pagi harinya aku bangun kesiangan. Badan rasanya pegal pegal. Mata terasa sangat berat untuk dibuka karena masih mengantuk. Aku kemudian sadar, meskipun menonton acara televisi kesukaan, tetapi sebaiknya memang tidak boleh tidur terlalu malam karena akan mengakibatkan beberapa hal yang kurang baik.
Tidur malam yang cukup memiliki beberapa manfaat yang dapat kita peroleh. Beberapa manfaat tidur malam yang cukup antara lain sebagai berikut :
  1. Tubuh lebih sehat karena istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.
  2. Tetap aktif di siang hari karena istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari.
  3. Terhindar dari kecelakaan atau cedera karena lelah akibat kurang istirahat dan tidur meningkatkan risiko kita mengalami berbagai cedera, atau kecelakaan.
  4. Membuat hati riang karena kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita menjadi cepat marah, tidak sabar.

Selain hal-hal diatas, ada beberapa manfaat tidur malam, antara lain:

  1. menjaga jantung Anda tetap sehat. 
  2. dapat mencegah kanker. 
  3. dapat mengurrangi stres. 
  4. dapat mengurangi peradangan. 
  5. membuat Anda lebih siaga. 
  6. dapat meningkatkan memori otak
  7. dapat membantu Anda mengurangi berat badan. 

Akhir kata

Demikian ulasan rifanfajrin tentang pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 3 SD/MI di buku tematik halaman 31 dimana siwa diminta untuk menceritakan Pengalamanmu Manfaat Tidur Malam. 
Semoga bermanfaat ya teman teman. Sampai jumpa ada pembahasan soal lainnya, selamat belajar!
close