Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH BIG BOOK UNTUK KELAS 1 SD

Rifanfajrin.com - Contoh big book untuk kelas 1 SD

Dalam pembelajaran di kelas, khususnya kelas 1 SD terdapat banyak media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa. Selama ini guru mengandalkan media berupa buku teks (meliputi buku buku fiksi berupa dongeng, komik, novel dan buku buku non fiksi) maupun dalam bentuk digital.

Permasalahan yang muncul adalah ketersediaan buku yang masih belum merata distribusinya khususnya di wilayah Indonesi bagian timur. Akibatnya tingkat literasi cenderung kurang tinggi.

Salah satu media yang dapat dikembangkan untuk mengatasi permasalahan rendahnya literasi sekaligus sebagai solusi minimnya ketersediaan buku buku teks adalah dengan pembuatan BIG BOOK. 

Pada post kali ini, rifanfajrin akan mengulas tentang pengertian big book, contoh, serta langkah-langkah pembuatannya.

PENGERTIAN BIG BOOK

Sejak kemunculannya di Sumba pada 2004, kini terdapat banyak inovasi pengembangan media big book sebagai alternatif buku bacaan untuk meningkatkan minat baca siswa sekaligus kemampuan berbahasa guru dan peserta didik.

buku besar (Big Book) adalah buku bacaan yang memiliki ukuran, tulisan, dan gambar yang ukurannya bisa beragam, misalnya ukuran A3, A4, A5, atau seukuran koran dan harus mempertimbangkan segi keterbacaan seluruh siswa di kelas. Buku ini mempunyai karakteristik khusus seperti penuh dengan warna-warni, gambar yang menarik, mempunyai kata yang dapat diulang-ulang, mempunyai plot yang mudah ditebak, dan memiliki pola teks yang berirama untuk dapat dinyanyikan. 

BIG BOOK adalah buku buatan yang berukuran lebih besar dari buku-buku yang biasa digunakan di kelas. Dengan kalimat yang tidak panjang, big book sangat sesuai untuk pembaca pemula seperti siswa kelas awal. Teks dan gambarnya pun dibuat besar agar semua siswa lebih mudah melihat, memahami dan mencerna isinya. 

Big book atau buku besar yang dibuat dan dipraktikkan penggunaannya oleh para guru berfungsi untuk mengenalkan huruf, penggunaan tanda baca, menyusun kalimat, serta mendukung kelancaran membaca dan meningkatkan pemahaman akan bacaan, khususnya bagi siswa kelas 1 SD hingga kelas 3 SD.

CIRI-CIRI BIG BOOK

Sebuah big book memiliki ciri khusus supaya pembelajaran bahasa dapat lebih efektif dan berhasil, adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut

  1. Cerita singkat (10-15 halaman)
  2. Pola kalimat jelas
  3. Gambar memiliki makna
  4. Jenis dan ukuran huruf jelas terbaca
  5. Jalan cerita mudah dipahami

Ciri-ciri Big Book menjadi suatu bahan belajar yang sekaligus merupakan suatu pendekatan dalam belajar dan mempunyai kelebihan, diantaranya:
  1. Big Book memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat dalam situasi nyata dengan cara yang menarik. Membaca Big Book bersama-sama di depan kelas, anak-anak akan memperoleh pengalaman membaca yang sebenarnya tanpa merasa takut salah dan tidak berani mencoba. semua anak termasuk mereka yang lambat dalam membaca karena dengan membaca Big Book bersama-sama akan timbul keberanian dan kenyakinan dalam diri anak bahwa mereka sudah bisa membaca.
  2. Big Book memungkinkan semua anak melihat tulisan yang sama ketika guru membaca tulisan tersebut. Ukurannya yang besar membuat anak dapat melihat tulisan dalam Big Book yang sedang dibaca oleh guru mereka.
  3. Penggunaan Big Book memungkinkan anak-anak secara bersama-sama dan dengan bekerjasama memberi makna kepada tulisan di dalamnya.
  4. Big Book memberikan kesempatan kepada anak yang lambat dalam membaca untuk mengenali tulisan dengan bantuan guru dan teman-teman lainnya.
  5. Big Book membuat guru dan anak berbagi keceriaan dan berbagi kegiatan secara bersama. Meskipun Big Book adalah bahan bacaan, namun guru dapat menyelinginya dengan percakapan yang relevan mengenai isi cerita bersama anak sehingga topik bacaan akan semakin berkembang sesuai dengan pengalaman dan daya imajinasi
  6. Penggunaan Big Book akan mengembangkan kemampuan dasar anak dalam semuua aspek bahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
  7. Belajar dengan Big Book memberikan pengalaman sosial kepada anak yaitu dalam hal berbagi pengalaman pada saat anak-anak mengomentari gambar dan bacaan Big Book. 

Cara pembuatan Big Book

Pembuatan media Big Book dilakukan dalam beberapa tahap . Berikut ini cara pembuatan Big Book antara lain: 
  1. Menyiapkan kertas berukuran A3 sebanyak 8-10 halaman, spidol warna, lem dan kertas HVS. 
  2. Menentukan topik cerita. 
  3. Mengemabngkan topik cerita menjadi cerita utuh sesuai dengan jenjang kelas. Menuliskan kalimat singkat di atas kertas HVS dengan cara: kertas HVS dipotong menjadi empat bagian memanjang, tulis menggunakan spidol besar setiap kalimat dengan ukuran yang sama di atas kertas berukuran ¼ kertas HVS, tulis dengan kalimat alfabetis sesuai kaidah yangtepat. Tempelkan setiap kalimat tersebut dihalaman sesuai dengan rencana. 
  4. Menyiapkan gambar ilustrasi untuk setiap halaman sesuai dengan isi cerita. Gambar ilustrasi dapat diambil dari sumber. 40 
  5. Menentukan judul yang sesuai dengan Big Book 

Materi yang digunakan dalam pembuatan Big Book, ide cerita dapat diambil dari kejadian-kejadian yang terjadi pada kehidupan siswa. Isi Big Book dapat diambil dari informasi penting berisi pengetahuan, prosedur, atau jenis teks lain sesuai dengan tema pada setiap kelas. Tema dapat diambil dari kurikulum SDMI yang berlaku.

prosedur pelaksanaan penggunaan media big book 

a. Kegiatan pra-membaca
1) Guru memperlihatkan sampul depan serta mengajak anak mengomentari gambar yangada pada sampul.
2) Guru membacakan judul dan nama pengarang
3) Guru bertanya kepada anak tentang kemungkinan isi cerita berdasarkan pada judul dan ilustrasi sampul.
b. Kegiatan membaca cerita secara utuh
1) Guru membacakan cerita secara berkesinambungan dari halaman pertama sampai terakhir.
2) Guru menunjuk tulisan dengan menggunakan tangan atau alat penunjuk supaya anak dapat mengikuti dan mengetahui tulisan mana yang sedang mereka baca.
c. Kegiatan pengulangan membaca 
1) Guru membaca ulang halaman demi halaman dengan penuh semangat, bergairah, dan hidup.
2) Guru menunjuk kata-kata dan meminta anak untuk berkomentar.
3) Guru berhenti membaca sejenak untuk memberikan kesempatan kepada anak menebak kata selanjutnya dan meramalkan peristiwa yang akan terjadi.
d. Kegiatan setelah membaca pengulangan
1) Guru mendiskusikan kata kunci dalam teks dan membantu anak menghubungkan konsep yang satu dengan yang lain
2) Guru membaca ulang cerita secara bersama-sama.
e. Kegiatan tindak lanjut
1) Guru mengajak anak memperhatikan pada gambar dan pola kata pada teks.
2) Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membaca sendiri.

CONTOH BIG BOOK UNTUK KELAS 1 SD

berikut merupakan contoh big book untuk kelas 1 SD.



contoh big book bisa anda lihat melalui link berikut ini
https://www.slideshare.net/rahmawinasa/media-big-book-media-belajar-nilai-kepemimpinan-anak-usia-dini

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang contoh big book untuk kelas 1 SD, semoga bermanfaat.