Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CIRI UMUM TEKS EKSPLANASI

 Rifanfajrin.com - Bagaimana Ciri umum dari teks Eksplanasi

Pernahkah kalian membaca surat kabar dan majalah tentang peristiwa dan kejadian di suatu tempat? Ketika kalian membacanya, kalian tentu "dibawa" imajinasinya untuk membayangkan kronologi peristiwa tersebut dan memahami fenomena peristiwa yang terjadi. Itulah yang disebut sebagai teks eksplanasi.

bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi? apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi? temukan jawabannya pada artikel berikut.

apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sekumpulan teks berisi penjelasan lengkap tentang topik yang berkaitan dengan fenomena (fenomena yang terkait dengan kejadian alam dan peristiwa sosial dalam kehidupan sehari-hari).
Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam dan sosial tersebut dapat terjadi. Semua kejadian tersebut selalu memiliki hubungan kausalitas sebab akibat dan proses.

Tujuan Teks eksplanasi 

Teks eksplanasi bertujuan mengetahui bagaimana suatu peristiwa terjadi dalam sebuah bacaan. Teks eksplanasi ini penting untuk dipelajari sejak kita duduk di bangku sekolah menengah, agar kita terbiasa memahami suatu fenomena tertentu dan memudahkan membaca seluruh bagian isi. Dengan membaca teks eksplanasi kita terbiasa menemukan sebab dan akibat dari suatu fenomena.

CIRI UMUM TEKS EKSPLANASI

Setelah kalian memahami pengertian teks eksplanasi dan kegunaan teks eksplanasi dalam memahami suatu fenomena, berikut ulasan tentang ciri-ciri teks eksplanasi, antara lain:
  1. Memuat informasi hanya berdasarkan fakta (faktual).
  2. membahas suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  3. Bersifat informatif; tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas (tidak melakukan framing media)
  4. Berfokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: banjir, tsunami, gempa bumi, hujan, dan sebagainya.
  5. Menggunakan kata penanda urutan. 
  6. Memuat informasi yang bersifat keilmuan 
  7. Menceritakan prosedur atau proses terjadinya fenomena menggunakan fakta dan pernyataan yang memiliki hubungan sebab dan akibat. Hubungan sebab akibat menjadi dasar terkumpulnya fakta peristiwa atau fenomena. Teks yang tertera pada paragraf semuanya berupa fakta. Teks eksplanasi memuat kejadian secara urut dari awal sampai akhir. 
  8. Menemukan gagasan umum dan fakta penting Dalam sebuah paragraf biasanya ada gagasan umum atau ide pokok. Gagasan umum ini terdapat pada bagian awal paragraf. Jika gagasan umum berada di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sebaliknya jika ide pokok berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Teks eksplanasi bisa bersifat induktif atau campuran. Tetapi, kebanyakan teks eksplanasi menempatkan gagasan umum di awal paragraf.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebuah teks dikategorikan sebagai teks eksplanasi apabila memiliki struktur berikut ini.
1. Identifikasi Fenomena
Suatu teks eksplanasi menggambarkan secara umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Pada poin ini sebuat teks akan mengangkat tentang proses bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi.
2. Rangkaian Kejadian
Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, teks eksplanasi juga menjelaskan tentang hubugnan sebab akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kalian bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
3. Interpretasi
Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai ulasan atau penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang ciri umum dari teks eksplanasi, semoga bermanfaat ya.