Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Tawadhu Kelas 3 SD

Arti Sifat Tawadhu dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Tawadhu Kelas 3 SD

Selamat berjumpa kembali teman-teman di blog Rifan Fajrin dotcom. Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang arti sifat tawadhu dan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita mulai dan jangan lupa berdoa sebelum belajar agar kita mendapatkan kemudahan dalam mencari ilmu serta ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat.

Arti tawadhu

Sebagai orang Islam kita tentu ingin memiliki sifat tawadhu. Karena sifat tawaduk memiliki banyak sekali keutamaan. Nah nah lalu apa apa yang dimaksud dengan sifat tawadhu?

Sifat tawadhu adalah sifat rendah hati yang juga berarti tidak sombong. Dalam pengertian yang lain sifat tawadhu juga berarti sifat merendahkan diri di hadapan orang lain.

Sifat tawadhu atau rendah hati atau merendahkan diri di hadapan orang lain bukan sekadar basa-basi, atau sekedar perilaku yang dibuat-buat agar terlihat mulia di mata orang lain. Akan tetapi sifat tawadhu harus lahir dari dalam batin atau dari dalam hati yang diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Namun harus diingat bahwa sifat tawadhu yang artinya merendahkan diri bukan berarti bahwa kita harus merendahkan diri sendiri sampai terlihat hina.

Dalam penjelasan lebih lanjut sifat tawadhu bisa juga diartikan sebagai sebuah tindakan yang percaya diri namun tidak merasa bahwa diri kita lebih baik dari orang lain.

Demikianlah beberapa pengertian dari sifat tawadhu. Namun secara umum atau dalam pengertian yang sederhana sifat tawadhu adalah rendah hati.

Manfaat sifat tawadhu dalam kehidupan sehari-hari

Sifat tawadhu adalah sifat yang mulia yang tentu akan mendatangkan banyak manfaat bagi mereka yang memiliki sifat tawadhu tersebut.

Adapun manfaat sifat tawadhu dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan banyak teman

Seorang yang rendah hati tentu akan memiliki banyak teman. Mengapa demikian? Karena seorang yang memiliki sifat rendah hati pasti akan disukai oleh orang banyak.

Seorang siswa yang rendah hati tentu akan lebih disenangi oleh teman-temannya di sekolah daripada siswa yang sombong atau tinggi hati.

2.  Hidup lebih nyaman tentram dan mudah

Seorang yang memiliki sifat tawaduk di dalam kehidupannya akan terasa nyaman tentram dan mudah.

Mengapa demikian? Karena seorang yang memiliki sifat tawadhu pasti akan memiliki banyak teman seperti yang dijelaskan pada poin pertama, nah setelah kita memiliki banyak teman dan disukai oleh orang banyak, hidup kita pasti akan lebih menyenangkan, lebih nyaman, dan lebih tentram. Jika kita mengalami kesulitan, tentu orang lain juga akan dengan senang hati datang membantu kita.

3. Disayangi oleh sesama

Seseorang yang memiliki sifat tawadhu pasti akan disenangi oleh banyak orang. Banyak orang yang suka terhadap orang yang rendah hati. Apabila ia sedang sakit maka akan banyak orang yang datang menjenguk. Apabila ia sedang dalam kesusahan maka akan banyak orang yang datang menghibur dan membantu meringankan kesedihannya.

Bahkan orang akan senang hanya untuk bercakap-cakap dan berada di dekat orang yang rendah hati atau orang yang tawadhu.

Maka sangat diutamakan bagi kita untuk memiliki sifat tawadhu.

4. Orang yang tawadhu akan diangkat derajatnya oleh Allah subhanahu wa ta'ala

Demikianlah penjelasan singkat tentang arti tawaduk dan apa saja manfaatnya di dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Sampai jumpa lagi dalam materi pelajaran selanjutnya.

Semoga kita selalu sehat dan tetap semangat belajar.