Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN PEMANFAATANNYA

Rifanfajrin.com - Pengertian sumber daya alam hayati dan pemanfaatannya

Hai teman-teman, jumpa lagi dengan rifanfajrin. Pada post kali ini rifanfajrin akan menunjukkan kepadamu tentang pengertian sumber daya alam hayati dan pemanfaatannya, serta contohnya.

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sumber daya alam a (biasa disingkat SDA) merupakan segala sesuatu yang berada di alam ini dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup umat manusia. 

Berdasarkan sumber asalnya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. 

Sumber daya alam hayati  

Berikut pembahasan tentang pengertian dan contoh-contoh sumber daya alam hayati. 

1. Pengertian Sumber Daya Alam (SDA) Hayati 

Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang sumber asalnya dari makhluk hidup. Oleh sebab itu sumber daya alam hayati dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhan. 

Sumber daya alam hayati termasuk jenis sumber daya alam yang tidak dapat habis (selalu dapat diperbaharui), hal ini dikarenakan sumber daya alam hayati dapat diperbarui secara alami. 

Sebagai contoh pada hewan, proses pembaharuan terjadi melalui reproduksi dengan cara melahirkan atau cara bertelur. Karena proses reproduksi tersebut maka kita dapat berharap sumber daya hayati tidak pernah habis, namun perlu diwaspadai jangan sampai hewan dan tumbuhan tersebut mengalami kepunahan. 

Secara rinci lagi, sumber daya alam hayati dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam hewani dan sumber daya nabati.

a. Sumber daya alam (SDA) hewani 

Sumber daya alam hewani merupakan sumber daya alam yang berasal dari hewan. Sumber Daya Alam hewani ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan pangan manusia. meskipun demikian sumber daya alam ini juga memiliki manfaat lainnya. 

b. Sumber daya alam (SDA) nabati 

Sumber daya alam nabati merupakan sumberdaya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sumber Daya Alam jenis ini ini memiliki beragam manfaat dalam kehidupan. 

Manfaat Sumber Daya Alam  nabati dapa dimanfaatkan sebagai sumber pangan, pembuatan baju atau pakaian hingga menjadi bahan bakar. 

2. Contoh-contoh Sumber Daya Alam (SDA) Hayati 

a. Sapi 

Sapi merupaakn hwan yang termasuk dalam jenis sumber daya alam hayati. Sapi ini umumnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan manusia untuk diambil dagingnya serta susunya. hal ini dikarenakan hampir seluruh bagian tubuh sapi dimanfaatkan manusia. Sapi dapat dimanfaatkan mulai dari daging hingga tulang sapi. 

b. Kambing

Sama halnya dengan sapi, kambing juga termasuk kategori sumber daya alam hayati. Lebih tepatnya, sumber daya alam hewani, sebab sebagaimana sapi, kambing  dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan manusia untuk diambil dagingnya serta susunya.

c. Kerbau

Kerbau termasuk dalam sumber daya alam hewani. Hewan ini termasuk dalam jenis hewan mamalia. 



d. Pohon Kelapa

Pohon kelapa banyak ditemukan di pedesaan. Pohon ini ciri-ciri, yaitu memiliki tinggi yang menjulang ke langit. 

Pohon kelapa termasuk dalam sumber daya alam nabati. Semua bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan manusia. 

Buah kelapa bisa dimanfaatkan untuk sumber makanan. Kemudian, batang kelapa bisa dijadikan kayu bakar.

e. Pohon Pisang 

Pohon pisang merupakan salah satu sumber pangan manusia.

Buah pisang bisa digunakan sebagai sumber pangan manusia. Sedangkan daunnya, bisa digunakan untuk membungkus makanan. 

Nah, itulah pengertian dan contoh sumber daya alam hayati. Contohnya berupa sapi, kambing, pohon kelapa dan pohon pisang. 

Pemanfaatan sumber daya alam kelas 4 sd, pemanfaatan sumber daya alam hayati

Akhir kata

Demikianlah artikel tentnag sumber daya alam hayati dan pemanfaatannya, semoga bermanfaat ya.