Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya, Pengelompokan dan Contohnya

Rifanfajrin.com - jelaskan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan lingkungan tempat hidupnya

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Alhamdulillah kita telah menjalani aktivitas pembelajaran tatap muka kembali ya. Meskipun masih terbatas, tetapi wajib kita syukuri. Tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan ya, Insya Allah pandemi covid 19 segera berlalu dari Indonesia.

Pada post kali ini rifanfajrin akan membahas tentang Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya, Pengelompokan dan Contohnya. Coba jelaskan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan lingkungan tempat hidupnya!

teman-teman, apakah di antara kalian di rumah ada yang memelihara hewan peliharaan? Kalau iya, hewan apa yang paling kamu suka? Banyak hewan yang bisa kita pelihara, mulai dari hewan yang hidup di air, misalnya ikan cupang, atau jenis ikan lainnya, atau hewan yang hidup di udara seperti burung love bird, atau bisa juga memelihara hewan yang hidup di darat seperti kelinci.

Rifanfajrin pernah membahas tentang bagaimana beternak kelinci ya.

BACA JUGA: ATURAN MERAWAT KELINCI

Nah, teman teman, dengan demikian dapat diketahui bahwa di bumi  tempat kita berpijak ini terdapat berbagai jenis hewan yang hidup berdampingan dengan kita.

Apabila kita memelihara hewan di rumah, berarti kita sedang hidup berdampingan dengan mereka.  Atau saat kita melihat hewan di luar rumah, atau mengunjungi mereka di kebun binatang, ini berarti ada hewan yang juga berhak hidup dan menikmati kehidupan di alam ini. Manusia harus bisa berbagi dengan mereka, supaya keberadaan hewan hewan tersebut tetap lestari. jangan sampai terjadi perburuan liar sehingga mengancam populasi hewan-hewan di alam ini.

PENGELOMPOKAN HEWAN

Dikarenakan terdapat berbagai jenis hewan, maka diperlukan pengelompokan hewan supaya memudahkan kita untuk memelajarinya. 

Contohnya pengelompokan hewan misalnya dapat dikelompokkan dari makanannya, dari cara berkembang biaknya, atau pengelompokan hewan dari tempat hidupnya, dan masih banyak kriteria pengelompokannya lagi.

rifanfajrin akan mengulas jenis hewan berdasarkan Tempat Hidupnya, seperti apa pengelompokannya?

Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

1. Hewan yang Hidup di Air

Jenis yang pertama adalah hewan yang hidup di air. Peliharaan kalian yang diletakkan di aquarium atau di kolam, merupakan jenis peliharaan yang hidup di air. Misalnya ikan koi, ikan mas, ikan gabus, ikan nila, ikan gupi, ikan lele, ikan mujahir, dll.

Hewan yang hidup di air umumnya memiliki alat pernapasan berupa insang.  Namun, ada pula hewan yang hidup di air tetapi bernapas dengan paru-paru, yaitu ikan paus dan lumba-lumba.

jenis hewan yang hidup di air

Hewan yang hidup di air dapat  dibagi menjadi tiga jenis, yaitu hewan air tawar, hewan air laut, dan hewan air payau.

  • Macam macam hewan air tawar contohnya ikan lele, ikan nila, ikan mas, ikan gurame, dan masih banyak lagi.
  • Macam macam heewan di air laut misalnya adalah lumba-lumba, hiu, paus, gurita, dan masih banyak lagi.
  • Sedangkan macam macam hewan air payau contohnya kerang, udang, ikan bandeng, dan lain-lain.

2. Hewan yang Hidup di Darat

Hewan yang hidup di darat umumnya lebih sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Sebagian terasa dekat sekali dengan kita, sebab manusia juga hidup di darat. Umumnya hewan yang hidup di darat bernapas dengan paru-paru dan memiliki bulu. Hewan-hewan di darat bisa berupa mamalia, unggas, serangga,reptil, dan macam macam jenis lainnya.

jenis hewan yang hidup di darat

Jenis hewan yang hidup di darat juga dibagi menjadi tiga, yaitu hewan yang hidup di lingkungan manusia, di dalam hutan, dan di dalam tanah.

  • Contoh hewan yang hidup di lingkungan manusia adalah ikan, anjing, ayam, kupu-kupu, tikus, burung, nyamuk, dan masih banyak lagi.
  • Kemudian hewan yang hidup di dalam hutan contohnya adalah serangga, harimau, singa, rusa, elang, dan masih banyak lagi.
  • Hewan yang hidup di dalam tanah, seperti cacing, rayap, semut, dan lain-lain.

3. Hewan yang Hidup di Air dan Darat

Selain hewan yang hidup di air dan darat, ternyata ada jenis hewan yang bisa hidup di kedua tempat.Mereka memiliki kemampuan untuk menyelam di dalam air dan juga bisa hidup di daratan. Contoh hewan yang bisa hidup di air dan darat adalah katak, buaya, anjing laut, dan kura-kura.

contoh hewan hidup di darat dan air


Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya, Pengelompokan dan Contohnya, semoga bermanfaat.