Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MAKNA KATA HALUS, KASAR, BASAH, TETAP, BERUBAH

Rifanfajrin.com - Makna Kata Halus, Kasar, Basah, Tetap, Berubah

Hai teman-teman kelas 2 sd, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu terjaga semangatnya ya dalam mengikuti pembelajaran di kelas 2 ini. Masih di suasana pandemi covid 19, ada baiknya kita saling mengingatkan untuk selalu taat protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Nah, pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas makna kata berubah kelas 2 sd, makna kata halus kelas 2 sd, makna kata basah kelas 2 sd, makna kata tetap kelas 2 sd, makna kata kasar kelas 2 sd dimana rifanfajrin akan menuliskan Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD MI Halaman 22 tersebut.

Perlu diketahui bahwa buku tematik merupakan buku pegangan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Terdiri dari tema 1 hingga 8. Adapun kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Buku tema yang akan diulas rifanfajrin kali ini adalah Buku Tema 2 Kelas 2, yaitu Tema Bermain di lingkunganku halaman 22 untuk kelas 2 SD maupun MI.  
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD MI Halaman 22


PERINTAH SOAL

Pada halaman 22 buku tema 2 bermain di lingkunganku kelas 2 sd ini, siswa siswi diminta untuk mendiskusikan bersama makna beberapa kata berikut, yaitu HALUS, KASAR, BASAH, TETAP, BERUBAH.

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
HALUS, KASAR, BASAH, TETAP, BERUBAH

JAWABAN TEMA 2 KELAS 2 SD HALAMAN 22

Berikut jawaban pada tema 2 kelas 2 halaman 22, yaitu:

Jawab:

Kata: Halus
Maknanya:

Kecil-kecil, lumatan, lembut, tidak kasar, licin. KBBI juga menyebut kata halus sebagai baik budinya, beradab, tak kasar perbuatannya, sopan, barang yang baik sekali mutunya (jika berkenaan dengan kain), sesuatu yang sifatnya tak terlihat, sesuatu berupa roh dan lain sebagainya.

Kata: Kasar
Maknanya:

Tak halus, agak besar, kesat, kasap, tak terasa halus saat diraba. KBBI juga menyebut makna kata ini adalah tingkah laku seseorang yang tidak lembut, tidak lemah dan lain sebagainya.

Kata: Basah
Maknanya:

Sesuatu yang mengandung air, KBBI juga menyebutnya sebagai barang cair, sesuatu yang masih baru atau sesuatu yang belum dikeringkan. Dalam ragam cakapan sehari-hari, basah ini mengandung makna banyak mendatangkan rezeki atau keuntungan buat seseorang.

Kata: Tetap
Maknanya:

Sesuatu yang selalu berada pada tempatnya, maksudnya bisa berdiri, tinggal dan semacamnya. KBBI juga menyebut makna kata ini adalah tak berubah kedudukan, tak berubah keadaan, tak berpindah-pindah, tak beranjak dan lain sebagainya.

Kata: Berubah
Maknanya:

Menurut KBBI adalah menjadi sesuatu yang berbeda/lain dari kondisi semula, sesuatu yang beralih, berganti, bertukar untuk kemudian menjadi sesuatu (hal) yang lain atau berbeda dan lain sebagainya.

Akhir kata

Itulah kunci jawaban tema 2 kelas 2 SD halaman 22. Jangan lupa belajar ya adik-adik.

Disclaimer:

1) Seluruh Konten pembahasan soal yang ditulis rifanfajrin ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, sebaiknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, sehingga tetap membuka ruang diskusi yang lebih luas tentang kemungkinan alternatif jawaban lain yang menambah khasanah keilmuan. Bisa saja siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik daripada yang ditulis oleh rifanfajrin.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.***